Pengaruh Customer Experience dan Green Price Terhadap Loyalitas Konsumen Melalui Kepuasan Konsumen Starbucks Coffee di Provinsi Jawa Timur
Abstract
Fenomena coffee shop saat ini sudah berkembang secara global, tak terkecuali
di Negara Indonesia. Keberagaman coffee shop menciptakan tingkat persaingan
yang ketat terhadap pelaku bisnis coffee shop. Untuk memperoleh keunggulan
kompetitif perusahaan harus meningkatkan kepuasan konsumen. Salah satu cara
terbaik untuk membentuk kepuasan konsumen adalah menciptakan customer
experience yang baik. Keunggulan kompetitif perusahaan yang berasal dari faktor
pembeda dengan cara menciptakan sebuah pengalaman yang menyenangkan bagi
pelanggan merupakan strategi yang kuat. Selain customer experience, penetapakn
green price yang tepat turut menjadi faktor pembentuk kepuasan konsumen.
Berawal dari kepuasan konsumen akan terbentuk loyalitas konsumen yang menjadi
tujuan akhir dari kegiatan pemasaran dari coffee shop. Mendapat konsumen loyal
mampu membantu untuk mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh customer
experience dan green price terhadap loyalitas konsumen melalui kepuasan
konsumen. Objek penelitian ini yaitu konsumen yang pernah melakukan kunjungan
pembelian produk Starbucks Coffee di Provinsi Jawa Timur dalam kurun waktu 3
bulan terakhir dan sampel yang digunakan yaitu 200 responden dengan teknik
pengumpulan sampel menggunakan purposive sampling. Metode analisis data
menggunakan path analysis.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa customer experience dan green price
berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen, customer experience, green
price, dan loyalitas konsumen berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen,
customer experience berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen melalui
kepuasan konsumen, dan green price berpengaruh signifikan terhadap loyalitas
konsumen melalui kepuasan konsumen.