Pengaruh Penerapan Teknik Reinforcement Positive Terhadap Disiplin Anak Kelompok Bermain di PAUD Terpadu Al Furqan Kabupaten Jember
Abstract
Disiplin memiliki peran penting dalam kehidupan anak. Terdapat beberapa manfaat disiplin jika diajarkan pada anak sejak dini yaitu membuat anak belajar untuk bersikap, menghargai hak orang lain, bertanggung jawab, serta mentaati aturan. Penanaman disiplin untuk anak diberikan dengan cara pembinaan perilaku, baik program dari guru ataupun memberikan penguatan secara spontan yang diberikan sepanjang proses kegiatan pembelajaan. Salah satu cara pembinaan perilaku yaitu dengan memberikan penguatan atau reinforcement. Dari hasil observasi yang telah dilakukan di PAUD Terpadu Al Furqan Kabupaten Jember pada kelompok bermain. Guru telah menerapkan teknik reinforcement positive baik secara verbal maupun non verbal pada anak. Tujuan penelitian ini adalah dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan teknik reinforcement positive terhadap disiplin anak Kelompok Bermain di PAUD Terpadu Al Furqan Kabupaten Jember. Jenis penelitian ini yaitu ex post facto menggunakan analisis regresi linear sederhana. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu menggunakan observasi, kuesioner dan dokumentasi. Berdasarkan hasil uji regresi linear sederhana diperoleh nilai signifikan 0,008 < 0,05, maka artinya ada pengaruh variabel penerapan teknik reinforcement positive terhadap variabel disiplin anak kelompok bermain. Jadi dapat ditarik kesimpulan bahwa hipotesis H0 ditolak dan H1 diterima yang artinya adalah ada pengaruh penerapan teknik reinforcement positive terhadap disiplin anak di kelompok bermain PAUD Terpadu Al Furqan Kabupaten Jember.