• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) BERBASIS PEMECAHAN MASALAH MODEL POLYA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBPOKOK BAHASAN OPERASI HITUNG PECAHAN DI KELAS VII-D SMP NEGERI 2 ARJASA TAHUN AJARAN 2012/2013

    Thumbnail
    View/Open
    Dwi Roby Pramono_1.pdf (882.4Kb)
    Date
    2013-12-24
    Author
    DWI ROBY PRAMONO
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penerapan pembelajaran CIRC berbasis pemecahan masalah model Polya pada subpokok bahasan operasi hitung pecahan terlaksana dengan baik dan efektif. Pada Siklus I, persentase aktivitas guru pada pembelajaran pertama 76,9% dan 87,25% pada pembelajaran kedua. Sedang persentase aktivitas siswa dalam mengemukakan pendapat meningkat dari 62,5% menjadi 79,17%; bekerja sama meningkat dari 79,16% menjadi 85,83%; memahami masalah meningkat dari 76,67% menjadi 87,5%; menyusun rencana meningkat dari 55,83% menjadi 71,67%; melaksanakan rencana 89,17% menurun menjadi 86,67%; memeriksa ulang jawaban meningkat dari 57,5% menjadi 62,5%, dan presentasi kelompok 37,5% menurun menjadi 36,67%. Sedang ditinjau dari hasil belajar siswa, ketuntasan belajar secara klasikal pada Siklus I yaitu 72,5%. Pada Siklus II, aktivitas guru dalam pembelajaran dikategorikan baik dengan persentase 94,87%. Aktivitas siswa meningkat dibandingkan pembelajaran pada Siklus I. Persentase aktivitas mengemukakan pendapat 81,67%; bekerja sama 86,67%; memahami masalah 88,33%; menyusun rencana 75%; melaksanakan rencana 87,5%; memeriksa ulang jawaban 70%, dan presentasi kelompok 41,67%. Ketuntasan belajar secara klasikal pada Siklus II yaitu 82,5%. Secara keseluruhan ditinjau dari persentase aktivitas siswa dan guru, pembelajaran dengan model CIRC berbasis pemecahan masalah model Polya dilaksanakan dengan baik walaupun masih terdapat kekurangan dalam penerapannya. Penelitian ini juga dikategorikan berhasil ditinjau dari peningkatan aktivitas dan ketuntasan hasil belajar siswa dari Siklus I ke Siklus II.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/11852
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository