Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Statistika Pada Siswa Kelas V SD Negeri Tenggarang 1 Bondowoso
Abstract
Pembelajaran matematika khususnya materi statistika, memerlukan sebuah model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa yaitu model Project Based Learning. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model Project Based Learning (PjBL) terhadap hasil belajar matematika materi statistika pada siswa kelas V SDN Tenggarang 1 Bondowoso. Desain Penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan pola non-equivalen control group design. Teknik pengumpulan data yang digunakan menggunakan tes berupa soal pre-test dan post-test terdiri dari 5 butir soal uraian. Data selisih nilai pre-test dan post-test kemudian dihitung dan dianalisis mengunakan uji independent sample t-test. Berdasarkan hasil uji-t diketahu hasil sebesar 4,888 > sebesar 2,001, sehingga dapat disimpulkan bahwa diterima dan ditolak. Berdasarkan hasil tersebut dapat dismpulkan bahwa model Project Based Learning memberikan pengaruh positif terhadap hasil belajar matematika materi ststistika pada siswa kelas V SDN Tengarang 1 Bondowoso dengan keefektifan relatif sebesar 49,5%