Show simple item record

dc.contributor.authorALFIAH, Nike Lutfi
dc.date.accessioned2023-10-24T06:04:14Z
dc.date.available2023-10-24T06:04:14Z
dc.date.issued2023-06-25
dc.identifier.nim160110201015en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/118454
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 24 Oktober 2023_Kurnadien_US
dc.description.abstractBanyaknya film yang mengadaptasi cerita orisinal dari novel semakin meningkat dan memenuhi pasar yang masif. Sebagian besar novel yang dapat menembus layar lebar adalah novel yang memiliki pasar yang luas dan memiliki kesan yang baik bagi pembacanya. Novel yang ditulis Ika Natassa dengan judul Antologi Rasa merupakan salah satu novel yang telah diangkat ke layar lebar dengan judul yang sama. Film Antologi Rasa yang diadaptasi dari novel Antologi Rasa disutradarai oleh salah satu sutradara kenamaan di Indonesia, yaitu Rizal Mantovani. Antologi Rasa menyuguhkan sebuah cerita masyarakat urban modern dengan tokoh utama bernama Keara yang bekerja menjadi bankir di salah satu bank multinasional. Keara jatuh cinta dengan salah satu sahabatnya yaitu Ruly, namun Keara tidak dapat menunjukkan perasaannya demi menjaga keutuhan persahabatannya. Di sisi lain, Ruly mencintai sahabat yang telah dikenalnya sejak masa sekolah yaitu Denise. Sementara Harris sebagai sahabat Keara yang sering berinteraksi dengan Keara, menyimpan perasaan cinta terhadap Keara. Ketiga tokoh tersebut memiliki posisi yang sama dalam hal asmara; mencintai seseorang secara sepihak. Novel Antologi Rasa mengungkapkan kisah percintaan masyarakat kelas atas dengan gaya hidup hedonis yang tinggi. Berdasarkan masalah yang ditemukan pada novel dan film tersebut, peneliti menggunakan kajian ekranisasi untuk menganalisis substansi novel dan film Antologi Rasa. Analisis yang dilakukan peneliti bertujuan untuk menguraikan keterjalinan antarunsur berdasarkan film Antologi Rasa berdasarkan kajian ekranisasi. Peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif. Langkah-langkah metode penelitian kualitatif yang dilakukan yaitu: (1) memperoleh data dengan cara membaca dan memahami isi novel, mengidentifikasi data-data yang didapat dari sumber data berupa novel Antologi Rasa karya Ika Natassa, untuk mengidentifikasi permasalahan yang dikaji yaitu mengenai tokoh, alur, konflik, dan latar; (2) memperoleh data dengan cara menonton, memahami isi film, dan mencatat data-data yang bersumber dari film Antologi Rasa yang disutradarai Rizal Mantovani, untuk mengetahui permasalahan perbedaan yang dikaji yaitu mengenai tokoh, alur, latar, serta unsur naratif dan unsur sinematik; (3) mengolah data dengan mengklasifikasikan data-data yang terkait pada unsurunsur struktural yang terdiri dari tema, penokohan, latar, dan konflik. Ekranisasi yang terdiri dari perubahan, penciutan, penambahan, dan perubahan bervariasi; (4) menganalisis menggunakan pendekatan struktural yang meliputi tema, penokohan, konflik, alur, dan latar serta melakukan pendekatan dengan menggunakan analisis naratif dan sinematik. Ekranisasi yang meliputi perubahan, penambahan, penciutan, dan perubahan bervariasi. Peneliti menggali informasi mengenai biografi pengarang dan latar belakang pengarang. Pencarian berbagai informasi tersebut berdasarkan pada permasalahan-permasalahan yang terdapat pada novel. Informasi tersebut berfungsi untuk menunjang analisis peneliti di ekranisasi. Pendekatan struktural berfungsi untuk mengetahui secara murni novel Antologi Rasa karya Ika Natassa dan film yang disutradarai oleh Rizal Mantovani melalui keterkaitan setiap unsur-unsurnya. Tema dibagi menjadi dua, yaitu tema mayor dan tema minor. Tema mayor dalam novel tersebut yaitu percintaan di lingkungan persahabatan. Tema minor terdiri dari tiga poin, yaitu: (1) kesetiakawanan; (2) pelarian untuk memenangkan ego; dan (3) sisi lain seorang wanita. Tema tersebut mengacu pada gambaran tokoh utama dan tokoh bawahan dari novelnya. Novel Antologi Rasa memiliki toloh utama yaitu Keara. Tokoh bawahan yang sering berinte dan berpengaruh dalam kejadian yang terjadi pada novel adalah Harris, Ruly, dan Dinda. Konflik yang terjadi di antaranya konflik manusia dan manusia yang dominan menceritakan perselisihan antaraKeara dan Harris. Konflik antara manusia dan alam terjadi pada Keara yang mengomparasi infrastruktur dari Jakarta dan Singapura serta Dinda yang membandingkan cuaca Sydney dan Jakarta. Konflik manusia dengan ide yang lain didominasi dengan pemikiran setiap tokoh terhadap sesuatu yang lain. Konflik antara manusia dengan kata hatinya didominasi pergolakan batin dari Keara terhadap kisah asmaranya. Tahapan alur diawali dengan penyituasianyang ditandai dengan memggambarkan situasi terkini dan dilanjutkan dengan pengenalan setiap tokoh dominan, tahap pemunculan konflik ketika Keara mulai membingungkan permasalahan perasaannya terhadap Ruly, tahap peningkatan konflik ditandai dengan Keara yang meminta Harris untuk menciumnya, tahap klimaks tejadi pada saat Keara mendapati dirinya telah bersetubuh dengan Harris, tahap penyelesaian terjadi pada saat Keara menjalani hubungan dengan Ruly. Latar tempat berlokasi di Jakarta, Singapura, dan Bali. Latar waktu terjadi pada rentan tahun 2008-2012. Latar sosial dan budaya mengarah pada gaya hidup hedonis dan tingkat konsumerisme yang tinggi. Unsur naratif dari film Antologi Rasa karya sutradara Rizal Mantovani ditandai dengan plot dan pelaku cerita. Plot dibuka dengan tahap penyituasian dengan diawali adegan terkini kemudian dilanjutkan perkenalan tokoh, tahap pemunculan masalah ditandai dengan Keara yang mendapat kabar Ruly kecelakaan, tahap peningkatan konflik terdapat pada bagian Keara yang memikirkan perasaannya terhadap Ruly dan dilanjutkan Keara mencium Harris, tahap klimaks terjadi pada saat Keara mendapati dirinya bangun tidur dalam keadaan tidak berpakaian dan telah bersetubuh dengan Harris dilanjutkan demgan kisah percintaannya dengan Ruly yang berakhir tidak sesuai harapan Keara, tahap penyelesaian ditandai dengan Keara dan Harris menjadi sepasang kekasih. Adapun pelaku cerita yang terdiri dari Keara, Harris, dan Ruly. Konflik yang dihadirkan terdapat pada bagian Keara yang bingung soal kisah asmaranya yang berujung melampiaskannya ke Harris,dan pada bagian Keara yang mengetahui jika Ruly tetap memprioritaskan Denise dibanding Keara. Unsur sinematik dari film Antologi Rasa karya sutradara Rizal Mantovani terdapat di adegan I (00:31) menggunakan metode pengambilan gambar secara long shot dan following object yang menunjukkan latar tempat yang luas, adegan II (4:18) pengambilan gambar dengan teknik close up dan following object yang menunjukkan mimik dan gestur dari pemain, adegan III (50:06) teknik pengambilan gambar menggunakan teknik over the shoulder shotdengan cahaya dengan menggunakan teknik key light yang memperlihatkan emosi masing-masing tokoh, dan adegan IV (57:27) yang menggunakan teknik pengambilan gambar following object dengan pencahayaan natural light menunjukkan jika pemain berada di ruang terbuka dan di lokasi yang memungkinkan memuat banyak orang. Teori ekranisasi digunakan untuk mengetahui mekanisme sebuah novel dapat diadaptasi menjadi bentuk film. Teori ekranisasi digunakan untuk memahami proses perubahan bentuk novel yang alat utamanya kata-kata, diubah menjadi bentuk film yang alat utamanya adalah gambar-gambar yang bergerak berkelanjutan. Terjadi pula proses penciutan, penambahan, dan perubahan bervariasi pada alur, latar, dan tokoh. Melalui ekranisasi kita dapat mengetahui terjadinya perubahan-perubahan tersebut dan mengapa perubahan tersebut dapat terjadi.en_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing Utama : Dr. Bambang Aris Kartika, M.A. Dosen Pembimbing Anggota : Dra.Titik Maslikatin, M.Humen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Ilmu Budayaen_US
dc.subjectNovel Antologi Rasaen_US
dc.subjectSutradara Rizal Mantovanen_US
dc.subjectKajian Ekranisasien_US
dc.titleKajian Ekranisasi dalam Novel Antologi Rasa karya Ika Natassa dan Film Antologi Rasa Karya Sutradara Rizal Mantovanien_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiSastra Indonesiaen_US
dc.identifier.pembimbing1Dr. Bambang Aris Kartika, S.S., M.A.en_US
dc.identifier.pembimbing2Dra. Titik Maslikatin, M.Hum.en_US
dc.identifier.validatorKacung- 22 Agustus 2023en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record