Pengaruh Religiusitas, Kesadaran Halal, Dan Alasan Kesehatan Terhadap Keputusan Pembelian di Mcdonald’s Gresik Kota Baru
Abstract
Allah SWT memerintahkan kepada manusia untuk selalu mengonsumsi makanan yang halal, menyehatkan dan beriman dengan sepenuh kepada Allah SWT. Tujuan penelitian ini menganalisis pengaruh religiusitas, kesadaran halal, dan alasan kesehatan terhadap keputusan pembelian di McDonald’s GKB. Objek penelitian ini adalah konsumen muslim McDonald’s Gresik Kota Baru dengan jumlah 97 responden yang menggunakan teknik insidental sampling. Penelitian ini menggunakan analisis jalur sebagai alat analisis. Berdasarkan hasil penelitian ini religiusitas berpengaruh positif sebesar 1,5% tetapi tidak signifikan terhadap keputusan pembelian, kesadaran halal berpengaruh positif sebesar 1,3% tetapi tidak signifikan terhadap keputusan pembelian, alasan kesehatan berpengaruh positif sebesar 5,2% tetapi tidak signifikan terhadap keputusan pembelian.