Pengembangan Instrumen Penilaian Berbasis Wordwall untuk Mengukur Higher Order Thinking Skills (HOTS) Siswa SMP pada Pembelajaran IPA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian berbasis wordwall, guna mengetahui validitas, kepraktisan dan efektivitas instrumen yang dikembangkan. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian pengembangan dengan model penelitian ADDIE. Subjek penelitian ini adalah ahli pembelajaran IPA dan 100 siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Jember. Objek penelitian ini adalah instrumen penilaian berbasis wordwall pada materi sistem peredaran darah manusia. Teknik pengumpulan data diperoleh dari wawancara, angket validasi, angket respon siswa, observasi keterlaksanaan dan hambatan, tes serta dokumentasi. Analisis validitas instrumen dibedakan menjadi dua yaitu secara logis dengan validasi isi oleh ahli dan empirik dengan reliabilitas, validitas butir soal, daya pengecoh serta tingkat kesukaran. Nilai rata-rata dari pengujian analisis data menunjukkan produk yang dikembangkan berkategori valid dan reliabel. Hasil pengujian daya pengecoh menunjukkan hasil dengan kategori baik. Tingkat kesukaran menunjukkan hasil pengujian produk yang dikembangkan berkategori sedang. Hasil analisis kepraktisan dan efektivitas menunjukkan produk yang dikembangkan sangat praktis dan efektif dalam mengukur HOTS siswa SMP. Hasil pengujian data yang dilaksanakan pada 100 siswa kelas VIII SMP Negeri 12 dapat dinyatakan bahwa instrumen penilaian berbasis wordwall yang dikembangkan layak digunakan dalam proses penilaian/evaluasi untuk mengukur HOTS siswa SMP.