Konstruksi Guru Geografi dalam Pelaksanaan Pembelajaran Online SMA di Kabupaten Banyuwangi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konstruksi guru geografi dalam pelaksanaan pembelajaran online SMA di Kabupaten Banyuwangi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan konstruksi. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara secara mendalam, observasi, dan studi dokumen. Subjek penelitian yang digunakan guru geografi dan waka kurikulum. Analisis data terdiri dari tiga tahapan reduksi data, penyajian data, serta penarikan dan verifikasi kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan konstruksi guru geografi dalam pelaksanaan pembelajaran online SMA di Kabupaten Banyuwangi meliputi keikutsertaan guru geografi dalam kegiatan sosialisasi, penyusunan RPP, mempersiapkan materi pembelajaran, merancang metode pembelajaran, mempersiapkan materi pembelajaran dan evaluasi pembelajaran. Hambatan dalam pembelajaran online yang dirasakan yaitu guru geografi merasa kurang memahami karakteristik siswa serta kendala yang dihadapi siswa