Hubungan Kecerdasan Interpersonal dengan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V SDN Pulo 01 Lumajang Tema 1 Organ Gerak Hewan dan Manusia
Abstract
Proses pembelajaran dapat diartikan sebagai upaya untuk mencapai perubahan tingkah laku dari hasil pengalaman individu yang ditunjukkan oleh siswa dalam belajar, hal ini tingkat hasil belajar siswa dapat dipengaruhi dalam proses pembelajaran di kelas. Terdapat ketidaksesuaian antara indikator interpersonal dengan siswa, misalnya kurangnya rasa empati terlihat ketika ada siswa yang merasa kesulitan sedangkan teman yang lain tidak membantu. Siswa yang sikap kesadaran diri kurang terlihat ketika guru mengajukan pertanyaan siswa tidak langsung menjawab kecuali ditunjuk. Berdasarkan latar belakang tersebut maka tujuan penelitian berdasarkan uraian yang telah disampaikan adalah untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan interpersonal dengan hasil belajar siswa kelas V SDN Pulo 01 Lumajang tema 1 alat gerak hewan dan manusia. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode ex post facto yaitu mengambil masalah berdasarkan fakta-fakta yang terjadi sebelumnya. Penelitian ini dilakukan di kelas V SDN Pulo 01 Lumajang. Pembelajaran akan dilaksanakan di kelas V SDN Pulo 01 Lumajang. Sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Pulo 01 Lumajang yang berjumlah 52 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner. Sebelum menyusun kuesioner, terlebih dahulu dibuat kisi-kisi sebagai pedoman dalam menyusun kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis inferensial asosiatif yang diuji dengan korelasi product moment.