Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di KB Al Baitul Amien Kabupaten Jember
Abstract
Kepemimpinan kepala sekolah merupakan sifat yang dimiliki seorang pemimpin untuk mempengaruhi, mendorong, memotivasi, menggerakkan sumber daya yang ada serta mendayagunakannya untuk mencapai tujuan yang ingin dicapai. Salah satu tujuan yang ingin dicapai di KB Al Baitul Amien adalah implementasi Kurikulum Merdeka pada tahun pembelajaran 2022/2023. Pelaksanaan IKM di semester ganjil terdapat problematika. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan mendeskripsikan kepemimpinan kepala sekolah dalam implementasi Kurikulum Merdeka di KB Al Baitul Amien Kabupaten Jember. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, waka kurikulum, dan 3 tenaga pendidik KB Al Baitul Amien, analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah dalam menjalankan fungsi instruksi dilakukan kepada pengurus dimana instruksi yang diberikan berupa perintah yang bersifat umum untuk disampaikan kepada tenaga pendidik. Kepala sekolah juga kurang dalam menjalankan konsultasi secara langsung dengan tenaga pendidik kecuali dalam rapat besar yang melibatkan semua tenaga pendidik dan pengurus. Sedangkan usaha kepala sekolah dalam menjalankan fungsi pengendalian dibantu oleh waka kurikulum untuk menyelesaikan masalah dan mendatangkan ahli IKM. Sehingga gaya kepemimpinan kepala sekolah di KB Al Baitul Amien yaitu tipe kepemimpinan delegatif.