Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif untuk Kemampuan Membaca Permulaan Anak Kelompok B3 di TK Al Irsyad Al Islamiyyah Kabupaten Jember
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan membaca permulaan anak kelompok B3 di TK Al Irsyad Al Islamiyyah Jember yang mengalami kesulitan dan kurang lancar karena kurangnya inovasi media pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan proses dan mengetahui hasil pengembangan media pembelajaran interaktif untuk kemampuan membaca permulaan. Proses pengembangan menggunakan model 4D yang terdiri dari empat tahap. Tahap pendefinisian menetapkan tujuan pembelajaran dalam media. Tahap perancangan yaitu proses membuat rancangan media pembelajaran yang menghasilkan dua kegiatan. Tahap pengembangan yaitu menghasilkan validasi produk dari dua validator dan uji coba produk pada anak B3 di TK Al Irsyad Al Islamiyyah Jember. Tahap penyebaran dilakukan dengan mengunggah media di website itch.io. Media pembelajaran interaktif untuk kemampuan membaca permulaan telah memenuhi kriteria valid (4,74), praktis (80%), dan efektif (89,1%).