Pengaruh Brand Ambassador dan Tagline “Pasti Puas Pasti di Blibli” Terhadap Minat Beli Konsumen Melalui Citra Merek pada Marketplace Blibli di Jember
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh brand ambassador dan tagline “Pasti Puas Pasti di Blibli” terhadap minat beli konsumen melalui citra merek pada marketplace Blibli di Jember. Sampel penelitian terdiri dari 100 responden yang berasal dari Kabupaten Jember yang diambil secara non-probability sampling dengan menetapkan kriteria tertentu (purposive sampling). Hasil penelitian menunjukan bahwa brand ambassador dan citra merek berpengaruh terhadap minat beli, tagline berpengaruh terhadap citra merek, serta tagline berpengaruh terhadap minat beli melalui citra merek. Sedangkan tagline tidak berpengaruh terhadap minat beli, brand ambassador tidak berpengaruh terhadap citra merek, dan brand ambassador tidak berpengaruh terhadap minat beli melalui citra merek. Blibli diharapkan dapat memilih frasa tagline yang dipahami oleh semua kalangan serta memberikan penawaran yang menarik agar memicu munculnya minat beli pada diri konsumen. Kemudian dalam memilih brand ambassador Blibli harus memperhatikan keahlian dan kredibilitas dari selebriti serta membekali selebriti dengan informasi mengenai merek/produk, merencanakan strategi periklanan yang menarik, dan memilih selebriti yang memiliki personality yang serasi dengan personality perusahaan untuk membangun citra merek yang positif.