Pengembangan LKPD Berbasis Kearifan Lokal Jember untuk Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada Karakter Berkebhinnekaan Global
Abstract
Kurangnya sumber belajar yang dapat dimanfaatkan peserta didik untuk mengenali kearifan lokal adalah salah satu penyebab rendahnya pengetahuan peserta didik mengenai kearifan lokal daerah setempat. Oleh karena itu, diperlukan adanya pengembangan bahan ajar yang dapat membanu mengenalkan kearifan lokal kepada peserta didik. Penelitian ini bertujuan menghasilkan LKPD berbasis kearifan lokal Jember untuk penguatan profil pelajar Pancasila pada karakter berkebhinnekaan global. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif. Penelitian pengembangan ini menggunakan model penelitian pengembangan Borg and Gall yang terdiri atas delapan langkah penelitian. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan LKPD yang dikembangkan sangat layak untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran yang dibuktikan melalui skor penilaian ahli media, ahli bahasa, dan ahli teori dengan total perolehan nilai 85 pada rentang skor 81,00-100. Tingkat keefektifan LKPD berada pada kategori sangat efektif melalui tes hasil belajar dengan tingkat keefektifan 88%. Keefektifan produk juga dilihat dari karakter berkebhinnekaan global peserta didik di setiap pertemuan dengan perolehan nilai secara berturut-turut pada pertemuan pertama adalah 76,22% yang masuk pada kategori efektif, pada pertemuan kedua dengan nilai 81,59% yang masuk pada kategori sangat efektif, dan pada pertemuan ketiga dengan nilai 85,72% yang juga masuk pada kategori sangat efektif. Tingkat kepraktisan LKPD dilihat dari perolehan skor angket kepraktisan yang didapat yaitu sebesar 93,12%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pengembangan LKPD berbasis kearifan lokal Jember untuk penguatan profil pelajar Pancasila pada karakter berkebhinnekaan global memenuhi standar keberhasilan pengembangan produk.