Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Layanan terhadap Loyalitas melalui Kepuasan pada Nasabah Indo Premier Sekuritas (IPOT)
Abstract
Penelitian ini bertujuan menganalsis pengaruh citra merek dan kualitas layanan terhadap loyalitas melalui kepuasan pada nasabah Indo Premier Sekuritas (IPOT). Penelitian ini menggunakan explanatory research. Metode pengambilan sampel menggunakan non probability sampling dengan teknik purposive sampling. Sampel penelitian nasabah Indo Premier Sekuritas (IPOT) di Indonesia sejumlah 272 nasabah dengan kriteria nasabah yang mengetahui fitur e-IPO pada aplikasi IPOT dan pernah melakukan transaksi di aplikasi IPOT minimal 2 kali, metode pengumpulan data menggunakan kuesioner melalui google form. Metode analisis menggunakan analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa citra merek dan kualitas layanan berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan nasabah, citra merek dan kepuasan nasabah berpengaruh positif signifikan terhadap loyalitas nasabah. Temuan penelitian ini kualitas layanan tidak berpengaruh positif signifikan terhadap loyalitas nasabah. Citra merek dan kualitas layanan berpengaruh positif signifikan terhadap loyalitas nasabah melalui kepuasan nasabah Indo Premier Sekuritas (IPOT).