Show simple item record

dc.contributor.authorATIKAH, Septi Kusuma
dc.date.accessioned2023-10-17T05:53:49Z
dc.date.available2023-10-17T05:53:49Z
dc.date.issued2023-06-13
dc.identifier.nim190210102012en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/118331
dc.descriptionvalidasi_repo_firli_agustus_2023_21 Finalisasi unggah file repositori tanggal 17 Oktober 2023_Kurnadien_US
dc.description.abstractPendidikan merupakan salah satu aspek penting dalam pembangunan suatu masyarakat dalam negara. Salah satu upaya yang dilakukan oleh pemerintah untuk memperbaiki kualitas pendidikan di Indonesia adalah dengan selalu memperbaiki kurikulum pendidikan yang berlaku. Kurikulum pendidikan yang telah diterapkan di Indonesia salah satunya yaitu kurikulum 2013 yang mulai diberlakukan sejak tahun 2013. Model pembelajaran yang dapat diterapkan dalam pembelajaran kurikulum 2013 meliputi Project Based Learning, Discovery Learning, dan Problem Based Learning. Aktivitas dalam pembelajaran perlu diperhatikan lagi oleh guru, terkait dengan proses pembelajaran yang akan mempengaruhi hasil belajar siswa. Tujuan penelitian pengaruh penerapan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan PhET Simulation terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa SMA pada materi gelombang bunyi terdapat tiga tujuan. Pertama, mengkaji pengaruh penerapan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan PhET Simulation terhadap aktivitas belajar siswa SMA pada materi gelombang bunyi. Kedua, mengkaji pengaruh penerapan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan PhET Simulation terhadap hasil belajar siswa SMA pada materi gelombang bunyi. Jenis penelitian ini adalah True experimental yang dilakukan pada semester genap di SMAN 73 Jakarta. Desain penelitian ini yaitu pretest-posttest control group design. Sampel ditentukan menggunakan uji homogenitas dengan menggunakan cluster random sampling dan diperoleh hasil yaitu kelas XI-MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI-MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Data hasil belajar siswa diperoleh dari tes berupa pretest dan posttest pada kedua kelas. Sedangkan data aktivitas belajar diperoleh dari lembar observasi dari kelas eksperimen. Data respon siswa diperoleh dari nilai angket respon siswa pada kelas eksperimen. Metode analisis data menggunakan uji Independent Sample T-Test dengan bantuan SPSS 23. Hasil penelitian mengenai pengaruh penerapan model PBL berbantuan PhET Simulation terhadap aktivitas siswa menggunakan lembar observasi. Nilai Sig.(2-tailed) data aktivitas siswa dapat dilihat pada kolom Sig.(2-tailed) yaitu sebesar 0,000. Nilai t Sig.(2-tailed) sebesar 0,000 tersebut lebih kecil daripada 0,05 atau dapat dituliskan 0,000 < 0,05. Artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh signifikan penerapan model pembelajaran PBL berbantuan PhET Simulation terhadap aktivitas belajar siswa pada materi gelombang bunyi. Hasil penelitian mengenai pengaruh penerapan model PBL berbantuan PhET Simulation terhadap hasil belajar menggunakan pretest dan posttest diperoleh perbedaan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Nilai rata-rata hasil belajar posttest kelas eksperimen lebih tingi daripada kelas kontrol yaitu sebesar 86.25 > 74.03. Hasil analisis data hasil belajar siswa menggunakan uji Independent Sample T-Test diperoleh nilai sig. (2-tailed) 0,001 ≤ 0,05. Berdasarkan pada dasar pengambilan keputusan dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, artinya ada pengaruh signifikan pada penerapan model pembelajaran PBL berbantuan PhET Simulation terhadap hasil belajar.en_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing utama : Drs. Subiki, M.Kes. ; Dosen Pembimbing anggota : Drs. Alex Harijanto, M.Si.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectProblem Based Learningen_US
dc.subjectPhET Simulationen_US
dc.subjectMateri Gelombang Bunyien_US
dc.subjectHasil Belajar Siswaen_US
dc.titlePengaruh Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan PhET Simulation Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa SMA pada Materi Gelombang Bunyien_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Fisikaen_US
dc.identifier.pembimbing1Drs. Subiki, M.Kes.en_US
dc.identifier.pembimbing2Drs. Alex Harijanto, M.Si.en_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_firli_agustus_2023_21en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record