Pengaruh Model Inquiry Based Learning dengan Pendekatan TPACK Terhadap Historical Thinking Skill dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X pada Mata Pelajaran Sejarah
Abstract
Salah satu lingkup standar capaian pembelajaran sejarah di Kurikulum Merdeka adalah keterampilan berpikir historis atau Historical Thinking Skill. Historical Thinking Skill merupakan kemampuan peserta didik untuk berpikir secara historis mengenai dokumen sejarah, menjawab pertanyaan, mampu membedakan antara fakta dan opini, mengevaluasi bukti sejarah, serta memberikan penilaian terhadap cerita sejarah. Hasil penelitian memperoleh: (1) Uji Ancova pada keterampilan Historical Thinking Skill memperoleh nilai signifikansi 0,004 < 0,05, yang berarti terdapat pengaruh signifikan penerapan model Inquiry Based Learning dengan pendekatan TPACK terhadap Historical Thinking Skill peserta didik dan nilai partial eta squared sebesar 0,112 tergolong ada pengaruh sedang dari implementasi model tersebut; (2) Uji Ancova pada hasil belajar memperoleh nilai signifikansi 0,001 < 0,05, yang berarti terdapat pengaruh signifikan penerapan model Inquiry Based Learning dengan pendekatan TPACK terhadap hasil belajar peserta didik dan nilai partial eta squared sebesar 0,152 tergolong ada pengaruh besar dari implementasi model tersebut.