Peran Pendidikan Non Formal Melalui Program Kampus Mengajar Angkatan II di UPTD SATDIK SDN Tegalwangi 01 Kecamatan Umbulsari kabupaten Jember
Abstract
Pembangunan sumber daya manusia yang berkualitas dan memiliki daya saing dapat diperoleh melalui pendidikan terutama pendidikan dasar sebagai bekal untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi nantinya. kecakapan literasi dan numerasi penting untuk dimiliki peserta didik dimana hal ini berhubungan dengan proses pembelajaran yang semakin maju yang dituntut untuk berfikir kritis dalam pemecahan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Akan tetapi kendala saat ini yaitu pendidikan yang masih belum merata di Indonesia menjadi suatu tantangan yang harus dihadapi untuk kemajuan mutu pendidikan di Indonesia. Oleh karena itu pemerintah membutuhkan bantuan dari banyak pihak untuk membantu permasalahan sedang dihadapi ini, banyak upaya yang dilakukan oleh pemerintah guna memberantas permasalahan ini salah satunya dengan membuat program kampus mengajar, dimana dalam program ini mahasiswa turut diikut sertakan untuk berpartisipasi dalam membantu permasalahan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran pendidikan nonformal melalui program kampus mengajar angkatan 2 di UPTD SATDIK SDN Tegalwangi 01 Kecamatan Umbulsari Kabupaten Jember. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik observasi dan wawancara yang berlangsung selama 3 bulan sejak September-Desember 2022. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan non formal melalui program kampus mengajar angkatan 2 tersebut menunjukkan adanya peran sebagai suplemen dan komplemen sesuai dengan peran pendidikan non formal. Dengan demikian kedua peran pendidikan non formal sangat terpenuhi dalam membantu meningkatkan kualitas peserta didik menjadi sangat baik.