Kualitas Pelayanan Pembuatan KTP Melalui Program Pecel Andok Bu Tumi (Studi di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Madiun)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis kualitas pelayanan pembuatan
KTP melalui program Pecel Andok Bu Tumi studi di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota
Madiun. Pecel Andok Bu Tumi adalah pelayanan cepat dan lancar administrasi dokumen
kependudukan buka sabtu dan minggu. Pecel Andok Bu Tumi hadir guna memberikan kemudahan
bagi masyarakat dalam melengkapi dokumen kependudukan khususnya KTP. Konsep yang digunakan
adalah konsep kualitas pelayanan oleh Parasuraman dkk (dalam Tjiptono, 2000:70) yang
terdiri dari lima dimensi antara lain dimensi bukti langsung ( tangibles), dimensi keandalan
(reliability), dimensi daya tanggap (Responsiveness), dimensi jaminan (Assurance) dan
dimensi empati (empathy). Penelitian ini menggunakan paradigma positivistik dengan analisis
kuantitatif. Teknik sampling yang digunakan adalah accidental sampling dengan total 73 responden.
Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, observasi, dan dokumentasi. Analisis data
menggunakan perhitungan uji statistik dan analisis Service Quality untuk menjelaskan tingkat
kualitas pelayanan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan pembuatan KTP
melalui program Pecel Andok Bu Tumi studi di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota
Madiun dalam hal dimensi bukti langsung (tangibles), dimensi daya tanggap (Responsiveness ),
dan dimensi jaminan (Assurance) perlu ditingkatkan dan menjadi perhatian sedangkan
untuk dimensi keandalan (reliability) dan dimensi empati (empathy sudah memberikan
kualitas yang baik.