• Login
    View Item 
    •   Home
    • MASTER THESES (Koleksi Tesis)
    • MT-Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • MASTER THESES (Koleksi Tesis)
    • MT-Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Analyticity Siswa pada Materi Aritmatika Sosial

    Thumbnail
    View/Open
    Repository Tesis_Rezqy Ayu.pdf (928.1Kb)
    Date
    2023-06-13
    Author
    ARAFAH, Rezqy Ayu Devi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Disposisi berpikir kritis merupakan hal yang paling penting dalam proses pemecahan masalah khususnya pada matematika (Kholid, 2021; Uyun & Fuat, 2020). Analyticity menjadi komponen yang penting dalam tahapan pemecahan masalah, hal ini didukung oleh pendapat Maharani dkk., (2019) bahwa analyticity mengukur bagaimana penalaran seseorang dalam mengantisipasi potensi kesulitan dalam memecahkan masalah. Menurut Fitriani dkk., (2018) analyticity penting untuk dipelajari lebih dalam dan diintegrasikan ke dalam proses pembelajaran di kelas. Upaya untuk mengakomodasi dalam rangka membiasakan dan meningkatkan analyticity dibutuhkan sebuah pembelajaran yang terencana dengan penggunaan sebuah pembelajaran. Hal yang sangat penting dalam pelaksanaan pembelajaran adalah penggunaan perangkat pembelajaran, sehingga proses belajar dapat berjalan dengan baik sesuai desain yang telah dirancang (Salim dkk., 2021). Adanya perangkat pembelajaran matematika model Problem Based Learning (PBL) dapat membiasakan dan meningkatkan analyticity siswa. Penelitian ini memiliki tujuan: 1) mendeskripsikan proses pengembangan perangkat pembelajaran matematika dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan analyticity siswa pada materi aritmatika sosial; 2) mendeskripsikan hasil pengembangan perangkat pembelajaran matematika dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan analyticity siswa pada materi aritmatika sosial yang valid, praktis dan efektif. Proses pengembangan menggunakan model 4D yang telah dimodifikasi. Observasi, tes dan angket digunakan sebagai teknik pengumpulan data. Hasil dari uji coba di kelas VIIA menyatakan bahwa perangkat pembelajaran valid, praktis dan efektif dengan koefisien kevalidan modul ajar, LKPD, paket tes dan buku petunjuk penggunaan berturut-turut adalah 3,73; 3,91; 3,88 dan 3,79 dari skor maksimal 4,00, hasil observasi keterlaksanaan perangkat pembelajaran adalah 3,41 yang memasuki kategori tinggi, persentase ketuntasan klaksikal sebesar 86,2%, banyaknya siswa yang berada pada kategori N-Gain minimal sedang adalah 96,5%, perilaku analyticity siswa baik dan respon siswa positif. Perangkat pembelajaran yang telah dinyatakan valid, praktis dan efektif diujicobakan pada kelas VIIB sebagai kelas eksperimen untuk melihat pengaruh yang signifikan impementasi perangkat pembelajaran matematika model PBL terhadap peningkatan analyticity siswa, dengan kelas kontrol yakni kelas VIIC. Berdasarkan uji Independent Sample t-test pada hasil post-test kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) = 0,000 (sig. < 0,05) yang berarti bahwa terdapat pengaruh yang signifikan implementasi perangkat pembelajaran matematika model PBL terhadap analyticity siswa. Di samping itu, diperoleh dari nilai N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,71 dan kelas kontrol sebesar 0,43 yang menunjukkan bahwa kemampuan peningkatan analyticity di kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kemampuan analyticity di kelas kontrol, serta berdasarkan uji Independent Sample t-test pada hasil N-Gain kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh nilai Sig. (2-tailed) = 0,000 (sig. < 0,05) yang berarti bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari implementasi perangkat pembelajaran matematika model Problem Based Learning (PBL) terhadap peningkatan analyticity siswa. Perangkat pembelajaran disebarluaskan secara offline dan online. Secara offline, penyebaran dilakukan dengan membagikan perangkat pembelajaran berupa hard file pada SMP Negeri 1 Rogojampi dan SMP Negeri 2 Rogojampi. Adapun penyebaran secara online melalui sosial media yaitu Instagram, Youtube dan Facebook dengan memberikan tautan Google Drive sehingga perangkat pembelajaran bisa diakses oleh guru yang lain. Berikut tautan yang dapat diakses adalah unej.id/PerangkatPBLAnalyticity
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/118305
    Collections
    • MT-Teacher Training and Education [263]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository