• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Strategi Penciptaan Humor Indra Frimawan dalam Segmen Namanya Juga Orang pada Kanal YouTube Vindes

    Thumbnail
    View/Open
    Repository_Muhammad Fadli Al Fauzi_190210402054.pdf (995.4Kb)
    Date
    2023-05-17
    Author
    FAUZI, Muhammad Fadli Ali
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini membahas strategi penciptaan humor pada tuturan Indra Frimawan dalam segmen Namanya Juga Orang yang merupakan bagian kanal YouTube Vindes. Tuturan humor yang disampaikan oleh Indra Frimawan memiliki keunikan apabila dibandingkan dengan komedian lain. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan teknik-teknik dan fitur-fitur penciptaan humor Indra Frimawan dalam segmen Namanya Juga Orang. Data pada penelitian ini berupa tuturan Indra Frimawan yang berpotensi menimbulkan efek lucu. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini melalui teknik dokumentasi dan observasi digital. Data-data yang terkumpul dianalisis dalam tiga tahap: (1) reduksi data, (2) penyajian data, dan (3) penarikan kesimpulan. Dalam melakukan penelitian, peneliti sebagai instrumen kunci dibantu dengan beberapa instrumen pendukung berupa tabel pemandu pengumpul data dan tabel pemandu analisis data. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini berupa tujuh teknik penciptaan humor, yaitu teknik: (1) humor logika dengan melanggar maksim relevansi, (2) humor bahasa dengan melanggar maksim cara, (3) humor bahasa dengan melanggar maksim kuantitas, (4) humor identitas dengan melanggar maksim kualitas, (5) humor identitas dengan melanggar maksim kuantitas, (6) humor identitas dengan melanggar maksim relevansi, dan (7) humor aksi dengan melanggar maksim cara. Sementara itu, fitur-fitur yang digunakan terdiri atas enam jenis, yaitu fitur: (1) pengingkaran fungsi benda, (2) perubahan topik secara sepihak, (3) peran ganda, (4) pertanyaan irasional, (5) karya spontan, dan (6) silsilah terbalik.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/118298
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15274]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository