PENERAPAN HYPNOTEACHING DALAM MENGURANGI KESALAHAN SISWA MENYELESAIKAN SOAL PADA POKOK BAHASAN KUBUS DAN BALOK DI KELAS VIII-F SMP NEGERI 7 JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2012/2013
Abstract
Berdasarkan hasil analisis tes pendahuluan dan tes akhir setiap siklus,
diperoleh persentase dari jenis-jenis kesalahan yang dilakukan siswa. Pada siklus I,
semua persentase jenis kesalahan yang dilakukan siswa pada tes pendahuluan 1
mengalami penurunan setelah pelaksanaan tes akhir 1, tetapi pada jenis kesalahan lain
tetap termasuk dalam kategori cukup tinggi sehingga diperlukan perbaikan penerapan
pembelajaran tersebut di siklus II. Pada siklus II, semua persentase jenis kesalahan
yang dilakukan siswa pada tes pendahuluan 2 mengalami penurunan setelah
pelaksanaan tes akhir 2 dan telah memenuhi kriteria keefektifan sehingga tidak perlu
dilanjut ke siklus berikutnya. Berdasarkan hasil analisis tes, efektivitas pembelajaran
pada siklus I termasuk kategori cukup efektif, sedangkan efektivitas pembelajaran
pada siklus II termasuk kategori efektif. Berdasarkan uraian di atas, dapat
disimpulkan bahwa penerapan hypnoteaching dalam pembelajaran efektif dalam
mengurangi kesalahan siswa menyelesaikan soal pada pokok bahasan kubus dan
balok karena aktivitas siswa meningkat dari pembelajaran 1 sampai pembelajaran 4
dan semua persentase setiap jenis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal tes akhir
kurang dari 25% serta persentase efektivitas pembelajaran telah melebihi 50%. Hasil
penelitian tersebut menunjukkan bahwa hypnoteaching dapat digunakan sebagai salah
satu alternatif metode pembelajaran yang dapat diterapkan di kelas.