• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN HYPNOTEACHING DALAM MENGURANGI KESALAHAN SISWA MENYELESAIKAN SOAL PADA POKOK BAHASAN KUBUS DAN BALOK DI KELAS VIII-F SMP NEGERI 7 JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2012/2013

    Thumbnail
    View/Open
    Dimas Ardiansyah Ramadhan_1.pdf (358.2Kb)
    Date
    2013-12-24
    Author
    Dimas Ardiansyah Ramadhan
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Berdasarkan hasil analisis tes pendahuluan dan tes akhir setiap siklus, diperoleh persentase dari jenis-jenis kesalahan yang dilakukan siswa. Pada siklus I, semua persentase jenis kesalahan yang dilakukan siswa pada tes pendahuluan 1 mengalami penurunan setelah pelaksanaan tes akhir 1, tetapi pada jenis kesalahan lain tetap termasuk dalam kategori cukup tinggi sehingga diperlukan perbaikan penerapan pembelajaran tersebut di siklus II. Pada siklus II, semua persentase jenis kesalahan yang dilakukan siswa pada tes pendahuluan 2 mengalami penurunan setelah pelaksanaan tes akhir 2 dan telah memenuhi kriteria keefektifan sehingga tidak perlu dilanjut ke siklus berikutnya. Berdasarkan hasil analisis tes, efektivitas pembelajaran pada siklus I termasuk kategori cukup efektif, sedangkan efektivitas pembelajaran pada siklus II termasuk kategori efektif. Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa penerapan hypnoteaching dalam pembelajaran efektif dalam mengurangi kesalahan siswa menyelesaikan soal pada pokok bahasan kubus dan balok karena aktivitas siswa meningkat dari pembelajaran 1 sampai pembelajaran 4 dan semua persentase setiap jenis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal tes akhir kurang dari 25% serta persentase efektivitas pembelajaran telah melebihi 50%. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa hypnoteaching dapat digunakan sebagai salah satu alternatif metode pembelajaran yang dapat diterapkan di kelas.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/11827
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository