Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Pada Materi Kalor dan Perpindahannya Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Siswa SMP
Abstract
Perkembangan pendidikan ditandai dengan kemajuan ilmu dan teknologi menyebabkan setiap individu harus memiliki kemampuan “The 4Cs”. Rendahnya kemampuan berpikir kritis dipengaruhi oleh faktor banyaknya siswa yang pasif dan guru yang tidak mengemas pembelajaran secara menarik mengakibatkan pembelajaran berlangung monoton serta kesulitan siswa dalam mempelajari materi kalor dan perpindahannya sehingga dapat diatasi melalui pemilihan model pembelajaran yaitu model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Tujuan peneliti yaitu untuk (1) menguji pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMP, dan (2) menguji pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar IPA siswa SMP. Penelitian quasi experiment menggunakan desain penelitian nonequivalent control group design. Lokasi penelitian berada di SMP Negeri 10 Jember pada semester gantil tahun ajaran 2022/2023. Teknik pengumpulan data kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar
menggunakan teknik utama dan pendukung, Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas Shapiro-Wilk. uji Independent Sample T-test, uji T-pihak kanan, dan Mann Whitney U-test. Kesimpulan dari keseluruhan uji yaitu (1) model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi kalor dan perpindahannya berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir
kritis siswa SMP, dan (2) model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi kalor dan perpindahannya berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar IPA siswa SMP