• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Pada Materi Kalor dan Perpindahannya Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Siswa SMP

    Thumbnail
    View/Open
    Repository - Yulia Rahmawati.pdf (2.071Mb)
    Date
    2023-05-29
    Author
    RAHMAWATI, Yulia
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Perkembangan pendidikan ditandai dengan kemajuan ilmu dan teknologi menyebabkan setiap individu harus memiliki kemampuan “The 4Cs”. Rendahnya kemampuan berpikir kritis dipengaruhi oleh faktor banyaknya siswa yang pasif dan guru yang tidak mengemas pembelajaran secara menarik mengakibatkan pembelajaran berlangung monoton serta kesulitan siswa dalam mempelajari materi kalor dan perpindahannya sehingga dapat diatasi melalui pemilihan model pembelajaran yaitu model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Tujuan peneliti yaitu untuk (1) menguji pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMP, dan (2) menguji pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar IPA siswa SMP. Penelitian quasi experiment menggunakan desain penelitian nonequivalent control group design. Lokasi penelitian berada di SMP Negeri 10 Jember pada semester gantil tahun ajaran 2022/2023. Teknik pengumpulan data kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar menggunakan teknik utama dan pendukung, Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas Shapiro-Wilk. uji Independent Sample T-test, uji T-pihak kanan, dan Mann Whitney U-test. Kesimpulan dari keseluruhan uji yaitu (1) model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi kalor dan perpindahannya berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMP, dan (2) model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi kalor dan perpindahannya berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar IPA siswa SMP
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/118267
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15287]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository