Hubungan antara Self-Efficacy dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN Mayangan 03 Jember
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara self-efficacy terhadap hasil belajar matemtika siswa kelas V SDN Mayangan 03 Jember. Manfaat penelitian ini, yaitu dapat memberikan gambaran mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa, dapat menjadi bahan masukan dan evaluasi bagi guru agar lebih memperhatikan kondisi siswa, serta membantu menumbuhkan rasa percaya diri pada siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan teknik korelasi product moment pearson. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini, yaitu terdapat hubungan yang signifikan antara self-efficacy dengan hasil belajar matematika siswa kelas V SDN Mayangan 03 Jember. Kesimpulan ini juga dibuktikan dengan besarnya nilai uji koefisien korelasi yang cukup kuat yaitu sebesar 0,830. Nilai tersebut menunjukkan bahwa, nilai rhitung lebih besar dari nilai rtabel (0,830> 0,374) pada taraf 5% dengan N=28. Artinya hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini yaitu H0 ditolak dan H1 diterima, sedangkan untuk besarnya kontribusi self-efficacy terhadap hasil belajar matematika yaitu 68%, sisanya sebesar 38% merupakan faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.