• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Game Edukasi Puzzle Cromathernum Berbantuan Software Construct 3 untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Materi Pola Bilangan

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi_Nanda Rahma Priyanti.pdf (1.043Mb)
    Date
    2023-06-15
    Author
    PRIYANTI, Nanda Rahma
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Perkembangan teknologi dan informasi telah membawa perubahan pesat dalam segala aspek kehidupan khususnya pada bidang pendidikan. Pembelajaran berbasis teknologi dan informasi memiliki keunggulan menjadikan pembelajaran menjadi lebih menarik dan menyenangkan. Pembelajaran yang menarik dapat meningkatkan motivasi sehingga siswa berperan aktif dalam proses pembelajaran. Salah satu media yang dapat digunakan untuk menunjang proses pembelajaran adalah game edukasi yang berisikan permainan, tantangan berupa masalah pola bilangan yang harus diselesaikan setiap levelnya. Dari game edukasi “Puzzle Cromathernum siswa dapat bermain sambil belajar sekaligus untuk meningkatkan pemahaman siswa pada materi pola bilangan Pembuatan game edukasi 2D “Puzzle Cromathernum” menggunakan Software Construct 3. Game edukasi “Puzzle Cromathernum” dapat dioperasikan secara offline sehingga siswa dapat menggunakan game edukasi “Puzzle Cromathernum” sebagai sarana belajar dan hiburan tanpa jaringan internet. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan game edukasi “Puzzle Cromathernum” berbasis android untuk menigkatkan pemahaman siswa pada topik pola bilangan. Proses pengembangan pada penelitian ini menggunakan model Thiagarajan yang terdiri dari empat tahap, yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design) tahap pengembangan (develope), dan tahap penyebaran (disseminate). Uji coba penelitian ini dilakukan kepada siswa kelas VIII SMPN 1 Krian. Uji coba dilakukan untuk mengetahui kepraktisan dan keefektifan game edukasi “Puzzle Cromathernum” berbasis android yang dikembangkan. Hasil pengembangan game edukasi “Puzzle Cromathernum” pada penelitian ini sebagai berikut: a. Kriteria kevalidan dengan nilai koefisien korelasi pada game edukasi “Puzzle Cromathernum” sebesar 0,97 termasuk dalam kategori valid dengan interpretasi sangat tinggi sehingga dapat digunakan dalam pengambilan data selanjutnya. b. Kriteria keefektifan ditunjukkan dengan N-Gain dari keseluruhan hasil tes awal dan tes akhir siswa dengan angka 0,77 yang menunjukkan interpretasi keefektifan efektif sehingga dapat meningkatkan pemahaman siswa pada topik pola bilangan. c. Praktis ditunjukkan dengan perolehan data angket respon pengguna dengan presentase 83,5% dan menjadikan game edukasi “Puzzle Cromathernum” dikategorikan baik sehingga dapat digunakan dalam penelitian selanjutnya. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, maka dapat diperoleh hasil kesimpulan game edukasi “Puzzle Cromathernum” berbasis android telah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/118219
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15360]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository