Analisis Pola Komunikasi Organisasi dI TK Kemala Bhayangkari 41 Kota Kediri Tahun Pelajaran 2020/2021
Abstract
Analisis Pola Komunikasi Organisasi TK Kemala Bhayangkari 41 Kota Kediri
Tahun Pelajaran 2021/2022; Jonnathan Dio Ristantono; 170210205064, 2022 : 52
halaman; Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas
Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember.
Komunikasi organisasi merupakan pengiriman dan peneriman pesan dalam
lingkup suatu organisasi baik secara formal maupun informal. Dengan adanya
komunikasi organisasi yang baik antara kepala sekolah dengan guru diharapkan akan
dapat meningkatkan kinerja guru pengajar di sekolah. komunikasi kepala sekolah
terhadap guru memang penting di lakukan dengan baik karena denga terjadinya
komunikasi yang baik bisa mengembangkan kemampuan guru, memberikan rasa
nyaman di lingkungan sekolah.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah Pola
Komunikasi Organisasi di TK Kemala Bhayangkari 41 Kota Kediri?”. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui pola komunikasi organisasi di TK Kemala
Bhayangkari 41 Kota Kediri. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini
adalah deskriptif kualitatif. Sumber data yang diperoleh dari informan kunci yaitu
kepala sekolah serta sumber data yang diperoleh dari informan pendukung yakni guru
di TK Kemala Bhayangkari 41 Kota Kediri. Metode pengumpulan data yang dilakukan
melalui metode observasi, wawancara, serta dokumentasi. Sedangkan Teknik analisis
data yang dilakukan melalui 4 tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian
data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini juga menggunakan uji kredibilas yang
akan dilakukan adalah perpanjang pengamatan dan triangulasi. Perpanjang
pengammatan akan dilakukan di TK Kemala Bhayangkari 41 Kota Kediri apabila
data yang di dibutuhkan masih belum lengkap. Triangulasi dalam penelitian ini
menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Dan Penggunaan bahan
referensi untuk memberikan bukti dan menjadi penguat terhadap data yang diperoleh
dalam proses penelitian oleh peneliti. Dalam penelitian ini dilengkapi dengan
beberapa data yang diberikan berupa foto dari hasil penelitian yang dilakukan di TK
Kemala Bhayangkari 41 Kota Kediri.
Berdasarkan hasil dari penelitian yang sudah dilakukan menunjukan bahwa
pola komunikasi yang diterapkan di lembaga sekolah TK Kemala Bhayangkari 41
Kota Kediri adalah pola komunikasi interpersonal dan kelompok. Dimana
komunikasi dilakukan secara langsung melalui beberapa pendekatan yaitu pendekatan
secara subjek, pendekatan secara objek dan pendekatan secara emosional. Adapun
faktor yang mempengaruhi pola komunikasi ini antara lain yaitu perbedaan struktur
wewenang; Kemampuan komunikasi komunikator; Konteks; Bahasa yang
digunakan; Wawasan; dan Media yang digunakan dalam berkomunikasi. Hal ini
berdampak dapat meningkatkan kinerja personil di atau sumberdaya manusia di TK
Kemala Bhayangkari 41 Kota Kediri, dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di
TK Kemala Bhayangkari 41 Kota Kediri, dapat menambah wawasan dan ilmu
pengetahuan, dapat menciptakan suasana kekeluargaan dalam sebuah lembaga atau
institusi dan komunikasi dapat menjadi probelm solving disetiap permasalahan yang
dialami karena dengan komunikasi yang baik dapat diambil sebuah keputusan yang
diperoleh melalui musyawarah secara mufakat sehingga permasalahan dapat
dipecahkan dengan baik.
Sebagai saran untuk kepala sekolah harus bersikap profesional tanpa melihat kondisi
emosional yang sedng terjadi terkait dalam komunikasi, untuk guru hendaknya dibekali untuk
memahami tentang pola komunikasi dan selalu mengevaluasi bahwa komunikasi ini
bertujuan untuk mempermudah mencapai sebuah tujuan yang akan di capai, utnuk lembaga
adanya program memberi reward terhadap guru yang berhasil continue dan berskala untuk
menjadikan motivasi bagi guru agar bersikap lebih baik dari sebelumnya.