PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV TEMA DAERAH TEMPAT TINGGALKU SUBTEMA 2 DI SDN MIAGAN JOMBANG SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2022/2023
Abstract
Model pembelajaran berbasis masalah merupakan model yang memungkinkan siswa untuk berkreasi dan mampu membuat siswa berlatih berpikir untuk memecahkan masalah dalam kehidupan nyata. Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kegiatan pembelajaran diawali dengan pemberian masalah baru kemudian siswa dituntut berpikir untuk memecahkan suatu masalah, sehingga membuatnya lebih berkembang dan kreatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Metode penelitian kuantitatif dapat diartikan sebagai metode penelitian berdasarkan filosofi positivisme yang digunakan untuk meneliti populasi atau sampel tertentu, pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian, analisis data bersifat kuantitatif/statistik dengan tujuan menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Adapun langkah-langkah yang terdapat dalam penelitian ini adalah mempersiapkan yaitu mengamati dan mengidentifikasi masalah, observasi dilakukan di SDN Miagan Jombang, kajian literatur, merumuskan hipotesis, menentukan subjek dalam penelitian, uji homogenitas dan normalitas, uji validasi dan reliabilitas instrumen uji, uji awal ( pretest), treatment, tes akhir (posttest) Menganalisis hasil data, membuat pembahasan hasil penelitian dan menarik kesimpulan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang tinggi dan positif penggunaan model pembelajaran PBL terhadap hasil belajar siswa pada tema daerah tempat tinggal saya subtema 2 kelas IV SDN Miagan Jombang.