Strategi Indonesia dalam Meningkatkan Peringkat pada Global Muslim Travel Index (GMTI) Tahun 2022
Abstract
Indonesia merupakan salah satu negara Indonesia merupakan salah satu negara yang
memanfaatkan keanekaragaman yang dimiliki melalui sektor pariwisata. Industri
pariwisata berkelanjutan yang tengah dikembangkan Indonesia adalah pariwisata halal atau
pariwisata ramah Muslim. Indonesia dikenal sebagai negara dengan populasi Muslim
terbesar di dunia. Sekitar dua ratus juta penduduk Indonesia beragama Islam. Tentu modal
ini menjadi suatu hal yang menjanjikan untuk dikelola dan diberdayakan, tak terkecuali
wisata halal di Indonesia. Adapun Indonesia berpedoman pada laporan Global Muslim
Travel Index (GMTI) sebagai acuan dalam meningkatkan peringkat sebagai destinasi
wisata ramah Muslim dunia berdasarkan indikator penilaiannya, yaitu akses, komunikasi,
lingkungan, dan layanan. Penelitian yang menggunakan metode penelitian kualitatif ini
nantinya dapat ditemukan jawaban mengenai strategi yang dilakukan Indonesia dalam
meningkatkan peringkat dari GMTI 2021 ke GMTI 2022.