• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Model Pembelajaran Hybrid Learning Berbantuan Flipbook terhadap Kemandirian Belajar dan Hasil Belajar Siswa

    Thumbnail
    View/Open
    Sasi Suci Wulandari_180210301103.pdf (833.5Kb)
    Date
    2023-05-09
    Author
    WULANDARI, Sasi Suci
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang berkembang pesat, memudahkan guru dan siswa untuk melakukan pembelajaran. Hal tersebut juga didukung dengan adanya sarana pendukung seperti laptop, computer, dan smartphone sebagai alat berkomunikasi didalam proses pembelajaran. Alat-alat tersebut sangat dibutuhkan guru dan siswa di dalam proses pembelajaran terlebih lagi adanya jaringan internet yang luas membuat alat elektronik sangat berperan di dalam pembelajaran khususnya pembelajaran jarak jauh. Sekolah juga menerapkan pembelajaran jarak jauh pada saat pandemi Covid-19. Pembelajaran jarak jauh merupakan proses pembelajaran yang berpusat kepada siswa (student centered learning). Pembelajaran berpusat pada siswa merupakan pembelajaran yang menekankan pada aktivitas siswa sehingga guru tidak hanya memberikan materi saja tetapi siswa akan ikut serta dalam mencari sumber pembelajaran dan aktif di dalam kelas. Melalui hasil pengamatan yang telah dilakukan di SMA Negeri 2 Bondowoso tepatnya di kelas X MIPA mata pelajaran ekonomi, selama pembelajaran berlangsung guru masih menggunakan metode ceramah dan respon siswa terhadap guru hanya sedikit. Selain itu, siswa masih bergantung kepada guru dan siswa masih belum mampu memecahkan masalah pelajaran sendiri. sehingga sikap kemandirian belajar perlu dimiliki oleh setiap siswa di SMA Negeri 2 Bondowoso kelas X MIPA . Oleh karena itu, model hybrid learning dengan bantuan media flipbook menjadi salah satu alternatif dalam mengatasi masalah tersebut. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran hybrid learning berbantuan flipbook terhadap kemandirian belajar dan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experimental design dengan desain nonequivalent control group design . Lokasi penelitian bertempat di SMA Negeri 2 Bondowoso yang beralamat di Jalan Letjend Suprapto No. 153, Kelurahan Dabasah, Kecamatan Bondowoso, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur. Jumlah responden penelitian yaitu 68 responden. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode kuesioner, tes, wawancara dan dokumen. Uji hipotesis menggunakan uji Independent-Sample T-test. Penerapan model hybrid berbantuan flipbook pada saat proses pembelajaran berjalan dengan lancar dengan beberapa kendala antara lain terdapat siswa yang tidak membawa smartphone, siswa yang tidak memiliki kuota internet dan wi-fi yang tidak memadai. Walaupun memiliki kendala, sebanyak 41,7% dan 38,9% siswa merasa tertarik dan cukup tertarik dengan adanya model hybrid berbantuan media flipbook. Hasil penelitian dapat dilihat dari uji hipotesis yang telah dilakukan dimana variabel kemandirian belajar mempunyai nilai signifikan 0,000 < 0,05 dan variabel hasil belajar mempunyai nilai signifikan 0,012 < 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai signifikansi dari dua variabel Y kurang dari 0,05 sehingga disimpulkan bahwa model hybrid learning berbantuan flipbook berpengaruh terhadap kemandirian belajar dan hasil belajar siswa kelas X MIPA SMA Negeri 2 Bondowoso pada mata pelajaran ekonomi materi lembaga jasa keuangan. Untuk memaksimalkan pembelajaran berjalan dengan lancar, pihak sekolah seharusnya meningkatkan kualitas fasilitas sekolah yang dapat memperlancar pembelajaran di dalam kelas dengan menambah wi-fi di dekat kelas yang jauh dari pusat jaringan wi-fi.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/118148
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15274]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository