Pengaruh Model Pembelajaran Hybrid Learning Berbantuan Flipbook terhadap Kemandirian Belajar dan Hasil Belajar Siswa
Abstract
Teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang berkembang pesat,
memudahkan guru dan siswa untuk melakukan pembelajaran. Hal tersebut juga
didukung dengan adanya sarana pendukung seperti laptop, computer, dan
smartphone sebagai alat berkomunikasi didalam proses pembelajaran. Alat-alat
tersebut sangat dibutuhkan guru dan siswa di dalam proses pembelajaran terlebih
lagi adanya jaringan internet yang luas membuat alat elektronik sangat berperan di
dalam pembelajaran khususnya pembelajaran jarak jauh. Sekolah juga menerapkan
pembelajaran jarak jauh pada saat pandemi Covid-19. Pembelajaran jarak jauh
merupakan proses pembelajaran yang berpusat kepada siswa (student centered
learning).
Pembelajaran berpusat pada siswa merupakan pembelajaran yang
menekankan pada aktivitas siswa sehingga guru tidak hanya memberikan materi
saja tetapi siswa akan ikut serta dalam mencari sumber pembelajaran dan aktif di
dalam kelas. Melalui hasil pengamatan yang telah dilakukan di SMA Negeri 2
Bondowoso tepatnya di kelas X MIPA mata pelajaran ekonomi, selama
pembelajaran berlangsung guru masih menggunakan metode ceramah dan respon
siswa terhadap guru hanya sedikit. Selain itu, siswa masih bergantung kepada guru
dan siswa masih belum mampu memecahkan masalah pelajaran sendiri. sehingga
sikap kemandirian belajar perlu dimiliki oleh setiap siswa di SMA Negeri 2
Bondowoso kelas X MIPA . Oleh karena itu, model hybrid learning dengan bantuan
media flipbook menjadi salah satu alternatif dalam mengatasi masalah tersebut.
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh
model pembelajaran hybrid learning berbantuan flipbook terhadap kemandirian
belajar dan hasil belajar siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian quasi experimental design dengan
desain nonequivalent control group design . Lokasi penelitian bertempat di SMA
Negeri 2 Bondowoso yang beralamat di Jalan Letjend Suprapto No. 153, Kelurahan
Dabasah, Kecamatan Bondowoso, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur. Jumlah
responden penelitian yaitu 68 responden. Pengumpulan data dalam penelitian ini
menggunakan metode kuesioner, tes, wawancara dan dokumen. Uji hipotesis
menggunakan uji Independent-Sample T-test.
Penerapan model hybrid berbantuan flipbook pada saat proses pembelajaran
berjalan dengan lancar dengan beberapa kendala antara lain terdapat siswa yang
tidak membawa smartphone, siswa yang tidak memiliki kuota internet dan wi-fi
yang tidak memadai. Walaupun memiliki kendala, sebanyak 41,7% dan 38,9%
siswa merasa tertarik dan cukup tertarik dengan adanya model hybrid berbantuan
media flipbook. Hasil penelitian dapat dilihat dari uji hipotesis yang telah dilakukan
dimana variabel kemandirian belajar mempunyai nilai signifikan 0,000 < 0,05 dan
variabel hasil belajar mempunyai nilai signifikan 0,012 < 0,05.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai signifikansi dari dua variabel Y
kurang dari 0,05 sehingga disimpulkan bahwa model hybrid learning berbantuan
flipbook berpengaruh terhadap kemandirian belajar dan hasil belajar siswa kelas X
MIPA SMA Negeri 2 Bondowoso pada mata pelajaran ekonomi materi lembaga
jasa keuangan. Untuk memaksimalkan pembelajaran berjalan dengan lancar, pihak
sekolah seharusnya meningkatkan kualitas fasilitas sekolah yang dapat
memperlancar pembelajaran di dalam kelas dengan menambah wi-fi di dekat kelas
yang jauh dari pusat jaringan wi-fi.