• Login
    View Item 
    •   Home
    • MASTER THESES (Koleksi Tesis)
    • MT-Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • MASTER THESES (Koleksi Tesis)
    • MT-Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Literasi Matematika

    Thumbnail
    View/Open
    200220101028_Muftihatul Azizah.pdf (4.354Mb)
    Date
    2023-07-31
    Author
    AZIZAH, Muftihatul
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Literasi matematika sebagai bagian dari Asesmen Kompetensi Minimal, menjadikan literasi matematika sebagai salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh siswa di Indonesia. Namun berdasarkan fakta di lapangan menunjukkan bahwa kemampuan literasi matematika siswa di Indonesia masih rendah. Rendahnya literasi matematika dapat disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah proses pembelajaran yang diterapkan oleh guru. Oleh karena itu, perlu dikembangkan model pembelajaran yang dapat meningkatkan literasi matematika siswa. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran berbasis literasi matematika yang valid, praktis, dan efektif. Tahapan pengembangan model pembelajaran berbasis literasi matematika terdiri atas: (1) tahap studi pendahuluan, (2) tahap prototyping yang meliputi tahap desain produk, evaluasi dan revisi, dan (3) tahap penilaian. Kualitas model pembelajaran berbasis literasi matematika mengacu pada kriteria kualitas menurut Nieveen yang meliputi kriteria valid, praktis, dan efektif. Pembelajaran berbasis literasi matematika diujicobakan di MTs Negeri 10 Banyuwangi dengan melibatkan 24 siswa. Instrumen dalam penelitian ini terdiri dari (1) instrumen penilaian validitas komponen model, alat penunjang pembelajaran, dan instrumen penelitian yang digunakan, (2) instrumen penilaian praktikalitas yang terdiri dari lembar penilaian praktikalitas dari para ahli dan angket apresiasi siswa. untuk model pembelajaran matematika berbasis literasi matematika, dan (3) instrumen efektivitas yang terdiri dari lembar penilaian efektivitas dari ahli dan tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis literasi matematika yang meliputi tujuan pembelajaran, sintaksis atau langkah pembelajaran, sistem sosial, prinsip reaksi, sistem pendukung dan dampak instruksional dan pengiring, beserta alat pendukung pembelajaran telah memenuhi valid, praktis, dan valid. dan kriteria efektif.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/118128
    Collections
    • MT-Teacher Training and Education [263]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository