• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN DEEP DIALOGUE/ CRITICAL THINKING (DD/CT) UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PROSES DAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 SUKOWONO TAHUN PEMBELAJARAN 2009/2010

    Thumbnail
    View/Open
    Dewi Aisiyah_001.pdf (125.2Kb)
    Date
    2013-12-24
    Author
    Dewi Aisiyah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Ada beberapa faktor yang sangat berperan dalam keberhasilan kegiatan pembelajaran IPS. Faktor-faktor itulah yang membutuhkan perhatian demi tercapainya peningkatan mutu pendidikan. Salah satu faktor tersebut adalah proses pembelajaran yang melibatkan guru dan siswa. Hal ini berarti bahwa berhasil tidaknya pencapaian tujuan pembelajaran banyak tergantung dari bagaimana kualitas pembelajaran. Tinggi rendahnya kualitas proses dan hasil belajar yang dicapai siswa dalam pembelajaran salah satunya ditentukan oleh guru dan metode mengajar yang digunakan oleh guru. Salah satu alternatif metode pembelajaran yang mampu memperbaiki kualitas proses dan menuntaskan hasil belajar siswa adalah dengan menerapkan pendekatan pembelajaran Deep Dialogue/Critical Thinking DD/CT, dimana dalam satu kelompok terdiri dari 5 siswa yang memiliki karakteristik yang berbeda (heterogen) baik tingkat kemampuan akademik, gender dan suku. Rumusan masalah dalam peneletian ini adalah: (1) Apakah penerapan pendekatan pembelajaran Deep Dialogue/Critical Thinking (DD/CT) dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran secara signifikan pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sukowono Jember tahun pembelajaran 2009/ 2010?. (2) Apakah penerapan pendekatan pembelajaran Deep Dialogue/Critical Thinking (DD/CT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran IPS secara signifikan pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sukowono Jember tahun pembelajaran 2009/ 2010?. Tujuan diadakan penelitian ini adalah: (1) Untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran IPS melalui penerapan pendekatan pembelajaran Deep Dialogue/ Critical Thinking (DD/CT) pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sukowono tahun pembelajaran 2009/2010. (2) Untuk menuntaskan hasil belajar siswa mata pelajaran IPS dengan menggunakan pendekatan pembelajaran Deep Dialogue/Critical Thinking (DD/CT) pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sukowono tahun pembelajaran 2009/2010. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 2 Sukowono. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dan dengan desain Hopkins yang berbentuk spiral. Melalui tahapan tiga siklus yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penetuan subyek penelitian yang digunakan adalah siswa kelas VII-E dengan jumlah 39 siswa di SMP Negeri 2 Sukowono Semester genap tahun pembelajaran 2009/2010. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini dapat dilihat dari aspek kualitas proses yaitu aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Pada siklus 1, aktivitas belajar siswa mencapai 79%, sedangkan hasil belajar siswa mencapai 54% sehingga pada siklus 1 hasil belajar siswa dikatakan tidak tuntas. Pada siklus 2, aktivitas belajar siswa mencapai 87%, sedangkan hasil belajar siswa mencapai 87%. Pada siklus 3, aktivitas belajar siswa mencapai 94%, sedangkan hasil belajar siswa mencapai 92%, pada siklus 2 dan siklus 3 dikatakan tuntas. Berdasarkan keterangan diatas menunjukkan adanya peningkatan kualitas proses dan hasil belajar siswa secara klasikal antara siklus 1, siklus 2 dan siklus 3. Saran dari hasil penelitian ini adalah: Bagi Guru IPS, sebaiknya mencari model, pendekatan atau metode pembelajaran yang tepat dalam pembelajaran.Bagi peneliti selanjutnya, agar dapat lebih mengembangkan penelitian dengan menggunakan pendekatan DD/CT pada materi yang lain dalam ruang lingkup yang luas dan dalam jangka waktu yang lama. Bagi lembaga pendidikan, hasil dari penelitian ini merupakan sebuah masukan yang berguna dan digunakan
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/11808
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15435]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository