PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN DEEP DIALOGUE/ CRITICAL THINKING (DD/CT) UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PROSES DAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 SUKOWONO TAHUN PEMBELAJARAN 2009/2010
Abstract
Ada  beberapa  faktor  yang  sangat  berperan  dalam  keberhasilan  kegiatan 
pembelajaran  IPS.  Faktor-faktor  itulah  yang  membutuhkan  perhatian  demi 
tercapainya  peningkatan  mutu  pendidikan.  Salah  satu  faktor  tersebut  adalah  proses 
pembelajaran  yang  melibatkan  guru  dan  siswa.  Hal  ini  berarti  bahwa  berhasil 
tidaknya pencapaian tujuan pembelajaran banyak tergantung dari bagaimana kualitas 
pembelajaran. Tinggi rendahnya kualitas proses dan hasil belajar  yang dicapai siswa 
dalam  pembelajaran  salah  satunya  ditentukan  oleh  guru  dan  metode  mengajar  yang 
digunakan  oleh  guru.  Salah  satu  alternatif  metode  pembelajaran  yang  mampu 
memperbaiki  kualitas  proses  dan  menuntaskan  hasil  belajar  siswa  adalah  dengan 
menerapkan  pendekatan  pembelajaran  Deep  Dialogue/Critical  Thinking  DD/CT, 
dimana  dalam  satu  kelompok  terdiri  dari  5  siswa    yang  memiliki  karakteristik  yang 
berbeda (heterogen) baik tingkat kemampuan akademik, gender dan suku.  
Rumusan  masalah  dalam  peneletian  ini  adalah:  (1)  Apakah  penerapan 
pendekatan  pembelajaran  Deep  Dialogue/Critical  Thinking  (DD/CT)  dapat 
meningkatkan  kualitas  proses  pembelajaran  secara  signifikan  pada  siswa  kelas  VII 
SMP  Negeri  2  Sukowono  Jember  tahun  pembelajaran    2009/  2010?.  (2)  Apakah 
penerapan  pendekatan  pembelajaran  Deep  Dialogue/Critical  Thinking  (DD/CT)  
dapat  meningkatkan  hasil  belajar  siswa  mata  pelajaran  IPS  secara  signifikan  pada 
siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sukowono Jember tahun pembelajaran  2009/ 2010?. Tujuan  diadakan  penelitian  ini  adalah:  (1)  Untuk  meningkatkan  kualitas 
proses  pembelajaran  IPS  melalui  penerapan  pendekatan  pembelajaran  Deep 
Dialogue/ Critical Thinking (DD/CT) pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sukowono 
tahun  pembelajaran  2009/2010.  (2)  Untuk  menuntaskan  hasil  belajar  siswa  mata 
pelajaran  IPS  dengan  menggunakan  pendekatan  pembelajaran  Deep 
Dialogue/Critical Thinking (DD/CT) pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sukowono 
tahun pembelajaran 2009/2010. 
Penelitian  dilaksanakan  di  SMP  Negeri  2  Sukowono.  Penelitian  ini 
menggunakan  metode  penelitian  tindakan  kelas  dan  dengan  desain  Hopkins  yang 
berbentuk  spiral.  Melalui  tahapan  tiga  siklus  yaitu  perencanaan,  tindakan,  observasi 
dan  refleksi.  Penetuan  subyek  penelitian  yang  digunakan  adalah  siswa  kelas  VII-E 
dengan  jumlah  39  siswa  di  SMP  Negeri  2  Sukowono  Semester  genap  tahun 
pembelajaran 2009/2010. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini menggunakan 
metode observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. 
Hasil  yang  diperoleh  dalam  penelitian  ini  dapat  dilihat  dari  aspek  kualitas 
proses  yaitu  aktivitas  siswa  dan  hasil  belajar  siswa.  Pada  siklus  1,  aktivitas  belajar 
siswa  mencapai  79%,  sedangkan  hasil  belajar  siswa  mencapai  54%  sehingga  pada 
siklus  1  hasil  belajar  siswa  dikatakan  tidak  tuntas.  Pada  siklus  2,  aktivitas  belajar 
siswa  mencapai  87%,  sedangkan  hasil  belajar  siswa  mencapai  87%.    Pada  siklus  3, 
aktivitas belajar siswa mencapai 94%,  sedangkan hasil belajar siswa  mencapai 92%, 
pada  siklus  2  dan  siklus  3  dikatakan  tuntas.  Berdasarkan  keterangan  diatas 
menunjukkan  adanya  peningkatan  kualitas  proses  dan  hasil  belajar  siswa  secara 
klasikal antara siklus 1, siklus 2 dan siklus 3. 
Saran  dari  hasil  penelitian  ini  adalah:  Bagi  Guru  IPS,  sebaiknya  mencari 
model,  pendekatan  atau  metode  pembelajaran  yang  tepat  dalam  pembelajaran.Bagi 
peneliti  selanjutnya,  agar  dapat  lebih  mengembangkan  penelitian  dengan 
menggunakan  pendekatan  DD/CT  pada  materi  yang  lain  dalam  ruang 
lingkup  yang  luas  dan  dalam  jangka  waktu  yang  lama.  Bagi  lembaga  pendidikan, 
hasil dari penelitian ini merupakan sebuah masukan yang berguna dan  digunakan
