• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi SIswa dalam Model Problem Based Learning (Studi Kasus Pada Pembelajaran Bisnis Retail di Kelas XI PM SMKN 4 Jember)

    Thumbnail
    View/Open
    Repository Skripsi.pdf (1.879Mb)
    Date
    2023-06-15
    Author
    Aula, Nisa
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kualitas pendidikan di Indonesia di tingkat pendidikan dunia masih terbilang rendah di nilai dari segi sistem maupun kualitas pendidikan. Hal ini dapat dilihat dari data yang dipublikasikan oleh World Population Review pada tahun 2021, Indonesia berada di peringkat ke-54 dari total 78 negara. Kurikulum yang masih berlaku di Indonesia pada abad 21 ini adalah kurikulum merdeka, salah satu kemampuan yang dibutuhkan adalah keterampilan dalam berpikir tingkat tinggi yang dapat diamati dari proses pengetahuan siswa pada pelaksanaan pembelajaran. Bisnis Retail adalah salah satu mata pelajaran yang terdapat di SMKN 4 Jember yang ada dalam tatanan kurikulum merdeka yang disertai adanya pembekalan pengetahuan serta keterampilan bagi siswa dengan mengedepankan penguasaan topik utama yang membahas ruang lingkup pelaksanaan pemasaran di dunia bisnis. Sedangkan model pembelajaran yang dipandang dapat memfasilitasi dan mendorong peserta didik dalam penguasaan konsep pembelajaran abad 21 serta melatih mengembangkan konsep keterampilan berpikir tingkat tinggi salah satunya adalah dalam model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penentuan daerah penelitian ini menggunakan teknik purposive area dengan menggunakan teknik non probability sampling, dengan informan berjumlah 35 siswa yang terdiri dari 1 kelas. Teknik pengambilan data menggunakan observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul dianalisis menggunakan teknik deskriptif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian yang didapatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa kelas XI PM SMKN 4 Jember yang terdiri dari 2 indikator dengan persentase mulai dari tertinggi hingga terendah sebagai berikut: 1) Pada indikator menganalisis (C4) sebesar 81% sehingga termasuk dalam kategori “sedang”. 2) indikator mengevaluasi (C5) sebesar 76% sehingga termasuk dalam kategori “sedang”. Dari kedua indikator tersebut, peneliti dapat menarik kesimpulan bahwasannya secara keseluruhan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa kelas XI SMKN 4 Jember pada mata pelajaran bisnis retail dalam model problem based learning memiliki persentase sebesar 79% sehingga termasuk dalam kategori “sedang”.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/118038
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15472]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository