Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi SIswa dalam Model Problem Based Learning (Studi Kasus Pada Pembelajaran Bisnis Retail di Kelas XI PM SMKN 4 Jember)
Abstract
Kualitas pendidikan di Indonesia di tingkat pendidikan dunia masih
terbilang rendah di nilai dari segi sistem maupun kualitas pendidikan. Hal ini dapat
dilihat dari data yang dipublikasikan oleh World Population Review pada tahun
2021, Indonesia berada di peringkat ke-54 dari total 78 negara. Kurikulum yang
masih berlaku di Indonesia pada abad 21 ini adalah kurikulum merdeka, salah satu
kemampuan yang dibutuhkan adalah keterampilan dalam berpikir tingkat tinggi
yang dapat diamati dari proses pengetahuan siswa pada pelaksanaan pembelajaran.
Bisnis Retail adalah salah satu mata pelajaran yang terdapat di SMKN 4 Jember
yang ada dalam tatanan kurikulum merdeka yang disertai adanya pembekalan
pengetahuan serta keterampilan bagi siswa dengan mengedepankan penguasaan
topik utama yang membahas ruang lingkup pelaksanaan pemasaran di dunia bisnis.
Sedangkan model pembelajaran yang dipandang dapat memfasilitasi dan
mendorong peserta didik dalam penguasaan konsep pembelajaran abad 21 serta
melatih mengembangkan konsep keterampilan berpikir tingkat tinggi salah satunya
adalah dalam model pembelajaran Problem Based Learning (PBL).
Penentuan daerah penelitian ini menggunakan teknik purposive area dengan
menggunakan teknik non probability sampling, dengan informan berjumlah 35
siswa yang terdiri dari 1 kelas. Teknik pengambilan data menggunakan observasi,
tes, wawancara, dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul dianalisis
menggunakan teknik deskriptif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian
yang didapatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa kelas XI PM SMKN 4
Jember yang terdiri dari 2 indikator dengan persentase mulai dari tertinggi hingga
terendah sebagai berikut: 1) Pada indikator menganalisis (C4) sebesar 81% sehingga termasuk dalam kategori “sedang”. 2) indikator mengevaluasi (C5)
sebesar 76% sehingga termasuk dalam kategori “sedang”. Dari kedua indikator
tersebut, peneliti dapat menarik kesimpulan bahwasannya secara keseluruhan
keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa kelas XI SMKN 4 Jember pada mata
pelajaran bisnis retail dalam model problem based learning memiliki persentase
sebesar 79% sehingga termasuk dalam kategori “sedang”.