Show simple item record

dc.contributor.authorDevi Yuniar
dc.date.accessioned2013-12-24T01:50:47Z
dc.date.available2013-12-24T01:50:47Z
dc.date.issued2013-12-24
dc.identifier.nimNIM090210101017
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/11802
dc.description.abstractTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan proses penerapan pembelajaran, serta untuk mengetahui hasil belajar dan aktivitas siswa dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan authentic assessment pada materi luas permukaan prisma dan limas siswa kelas VIII-I SMP Negeri 1 Jember semester genap tahun ajaran 2012/2013. Pendekatan yang dilakukan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Pengambilan data dilaksanakan mulai tanggal 6 Februari sampai 20 April 2013. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-I SMP Negeri 1 Jember yang berjumlah 38 siswa. Pada saat pembelajaran berlangsung, siswa terlihat aktif dan antusias. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisa rata-rata persentase aktivitas individu, aktivitas kelompok dan penilaian teman sendiri. Semua komponen penilaian afektif dan kognitif pada siklus II mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan siklus I. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan authentic assessment pada materi luas permukaan prisma dan limas dapat meningkatkan hasil dan aktivitas belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisa rata-rata nilai akhir siswa pada siklus I sebesar 74,68 dan rata-rata nilai akhir siswa pada siklus II sebesar 80,76. Pembelajaran ini juga telah mencapai ketuntasan klasikal sebesar 76,32%. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat diberikan saran yaitu. 1) guru diharapkan lebih dapat menguasai kelas pada saat pembentukan kelompok dan mengkondisikan siswa agar lebih tertib. 2) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat dijadikan sebagai alternatif pembelajaran matematika di kelas agar siswa tidak merasa bosan dengan pembelajaran yang biasa dilakukan. 3) model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan authentic assessment dapat dikembangkan dan diterapkan sebagai alternatif penilaian hasil belajar siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210101017;
dc.subjectTeam Games Tournament (TGT), Authentic Assessment, Permukaan Prisma dan Limasen_US
dc.titlePENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN AUTHENTIC ASSESSMENT UNTUK MENINGKATKAN HASIL DAN AKTIVITAS BELAJAR PADA MATERI LUAS PERMUKAAN PRISMA DAN LIMAS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2012/2013en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record