• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN AUTHENTIC ASSESSMENT UNTUK MENINGKATKAN HASIL DAN AKTIVITAS BELAJAR PADA MATERI LUAS PERMUKAAN PRISMA DAN LIMAS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2012/2013

    Thumbnail
    View/Open
    Devi Yuniar_1.pdf (76.81Kb)
    Date
    2013-12-24
    Author
    Devi Yuniar
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan proses penerapan pembelajaran, serta untuk mengetahui hasil belajar dan aktivitas siswa dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan authentic assessment pada materi luas permukaan prisma dan limas siswa kelas VIII-I SMP Negeri 1 Jember semester genap tahun ajaran 2012/2013. Pendekatan yang dilakukan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Pengambilan data dilaksanakan mulai tanggal 6 Februari sampai 20 April 2013. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-I SMP Negeri 1 Jember yang berjumlah 38 siswa. Pada saat pembelajaran berlangsung, siswa terlihat aktif dan antusias. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisa rata-rata persentase aktivitas individu, aktivitas kelompok dan penilaian teman sendiri. Semua komponen penilaian afektif dan kognitif pada siklus II mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan siklus I. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan authentic assessment pada materi luas permukaan prisma dan limas dapat meningkatkan hasil dan aktivitas belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisa rata-rata nilai akhir siswa pada siklus I sebesar 74,68 dan rata-rata nilai akhir siswa pada siklus II sebesar 80,76. Pembelajaran ini juga telah mencapai ketuntasan klasikal sebesar 76,32%. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat diberikan saran yaitu. 1) guru diharapkan lebih dapat menguasai kelas pada saat pembentukan kelompok dan mengkondisikan siswa agar lebih tertib. 2) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat dijadikan sebagai alternatif pembelajaran matematika di kelas agar siswa tidak merasa bosan dengan pembelajaran yang biasa dilakukan. 3) model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan authentic assessment dapat dikembangkan dan diterapkan sebagai alternatif penilaian hasil belajar siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/11802
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15444]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository