Show simple item record

dc.contributor.authorSUGONDO, Ardi
dc.date.accessioned2023-09-26T14:05:57Z
dc.date.available2023-09-26T14:05:57Z
dc.date.issued2023-06-09
dc.identifier.nim182410103024en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/118004
dc.descriptionFinalisasi oleh Taufik Tgl 26 September 2023en_US
dc.description.abstractMasalah psikososial seperti kebosanan pada pasien rehabilitasi stroke dapat mempengaruhi proses terapi latihan sehingga berdampak pada durasi pemulihan pasien. Penelitian ini bertujuan untuk membuat rancangan desain UI/UX aplikasi berbasis game yang berguna sebagai sarana rehabilitasi pasien pasca stroke. Metode perancangan yang digunakan adalah Five Planes yang terdiri atas Strategy Plane, Scope Plane, Structure Plane, Skeleton Plane, dan Surface Plane. Penggunaan metode Five Planes menghasilkan prototipe game genggam bola yang akan digunakan oleh pasien dengan alat navigasi berupa robot tangan. Setelah prototipe selesai dibuat, maka perlu dilakukan pengujian untuk menyesuaikan desain dengan kebutuhan pengguna. Metode pengujian yang dilakukan adalah Usability Testing dengan SUS (System Usability Scale) melibatkan lima (5) partisipan yakni developer, terapis, dan pasien pasca stroke. Hasil dari Usability Testing adalah kebanyakan partisipan merasa nyaman dengan tampilannya kemudian beberapa partisipan menyarankan penambahan serta penyesuaian fitur seperti level kesulitan yang lebih beragam dan jenis latihan untuk otot jari tangan. Adapun partisipan dari pasien stroke merasa masih membutuhkan bantuan terapis untuk dapat memainkan dan terbiasa dengan permainan. Formulir SUS telah diisi oleh partisipan dan setelah data diolah dihasilkan skor akhir SUS sebesar 71,5 yang jika dilihat pada skala penerimaan adalah Acceptable atau dapat diterima dan diinterpretasikan dalam adjective rating dengan Excellent. Penelitian ini memberikan hasil yang memuaskan jika dilihat dari hasil akhir pengujian, namun masih perlu pengembangan lagi khususnya pada integrasi antara prototipe dan perangkat navigasi.en_US
dc.description.sponsorshipIbu Oktalia Juwita, S.Kom., M.MT dan Bapak Ir. Khairul Anam, S.T., M.T., Ph.D., IPMen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Ilmu Komputeren_US
dc.subjectPERANCANGAN PROTOTIPE APLIKASIen_US
dc.subjectGAMEen_US
dc.subjectMETODE FIVE PLANESen_US
dc.subjectREHABILITASI PASIEN PASCA STROKEen_US
dc.titlePerancangan Prototipe Aplikasi Berbasis Game untuk Rehabilitasi Pasien Pasca Stroke Menggunakan Metode Five Planesen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiInformatikaen_US
dc.identifier.pembimbing1Oktalia Juwita, S.Kom., M.MTen_US
dc.identifier.pembimbing2Ir. Khairul Anam, S.T., M.T., Ph.D., IPMen_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_ratna_juli_2023_14en_US
dc.identifier.finalizationTaufiken_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record