Pengaruh Media Pembelajaran Puzzle terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V pada Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita
Abstract
Pembelajaran membutuhkan media pembelajaran yang inovatif untuk mempermudah siswa dalam menerima materi dan menciptakan proses belajar yang menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh media pembelajaran puzzle terhadap hasil belajar siswa kelas V pada tema 8 lingkungan sahabat kita. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu atau quasi experiment. Penelitian dilaksanakan di UPTD SPF SDN Kotakulon 2 Bondowoso. Sampel yang diteliti sebanyak 45 siswa kelas V, dengan menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu sampling jenuh. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan dokumentasi dan instrumen tes yaitu pre-test dan post-test. Analisis data menggunakan uji normalitas, uji-t, dan uji keefektifan relatif. Hasil pengujian independent sample t-test untuk mengetahui perbedaan dari kelas kontrol dan kelas eksperimen yang memperoleh sebesar 0,00 > 0,05, maka H0 diterima dan Ha ditolak. Hasil hipotesis tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kelas eksperimen (VB) dengan kelas kontrol (VA). Media pembelajaran puzzle dapat melatih siswa berpikir tingkat tinggi, melatih siswa berpikir kritis, menumbuhkan sikap kolaboratif, dan aktif dalam pembelajaran.