Pengaruh Financial Literacy, Herding Bias, dan Pendapatan terhadap Keputusan Investasi pada Investor Gen Z (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jember)
Abstract
Peningkatan jumlah investor saham di pasar modal secara drastis terjadi
pada saat pandemi COVID-19. Kondisi peningkatan jumlah investor juga terjadi di
Kabupaten Jember yang merupakan peringkat keempat terbesar di daerah tapal
kuda. Namun, disayangkan karena belum ada kantor perwakilan sekuritas di
Kabupaten Jember, sehingga diperlukan adanya peran GI BEI sebagai wadah
berkumpulnya investor untuk berdiskusi serta sebagai sarana edukasi. Satu-satunya
GI BEI di Kabupaten Jember yang terbesar berada di Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Universitas Jember. Adanya peningkatan jumlah investor harus diimbangi dengan
berbagai hal agar tidak salah dalam pengambilan keputusan investasi. Pengetahuan
financial literacy dalam keputusan investasi sangat penting untuk menghindari
keputusan yang tidak tepat. Selain itu, perilaku herding bias juga menjadi
pertimbangan untuk mencegah tindakan irasional dalam pengambilan keputusan
investasi. Peningkatan jumlah investor ini didominasi oleh investor Gen Z, yaitu
tidak lain mahasiswa menjadikan pendapatan menjadi faktor penting dalam
pengambilan keputusan investasi.
Penelitian ini berjenis explanatory research yang menggunakan data
kualitatif yang dikuantitatifkan. Populasi dalam penelitian ini adalah investor Gen
Z Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jember. Sampel yang digunakan
sebanyak 100 responden berdasarkan metode convenience sampling. Jenis data
yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data
menggunakan google form untuk pengisian kuesioner secara online. Variabel
independen dalam penelitian ini yaitu financial literacy (X1), herding bias (X2),
dan pendapatan (X3) sedangkan variabel dependen dalam penelitian ini adalah
keputusan investasi (Y). Penelitian ini menggunakan skala likert dengan metode analisis regresi linier berganda yang diolah menggunakan software SPSS v.26 for
windows.
Hasil penelitian menunjukan bahwa responden memberikan respon positif
dengan jawaban baik pada kuesioner pada setiap item pernyataan dalam variabel.
Berdasarkan hasil analisis dalam penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa financial
literacy berpengaruh positif signifikan terhadap pengambilan keputusan investasi
pada investor Gen Z FEB UNEJ. Herding bias berpengaruh positif signifikan
terhadap pengambilan keputusan investasi pada investor Gen Z FEB UNEJ.
Pendapatan juga berpengaruh positif signifikan terhadap pengambilan keputusan
investasi pada investor Gen Z FEB UNEJ.