Efektivitas Penggunaan Aplikasi E-Module Berbasis Articulate Storyline 3 pada Pokok Bahasan Kinematika Gerak Lurus SMA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh penggunaan e-module berbasis Articulate Storyline 3 untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan mengkaji respon siswa setelah menggunakan e-module berbasis Articulate Storyline 3 pada materi kinematika gerak lurus di SMA. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian pre-experimental design one group pretest-posttest. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu tes berupa pretest dan posttest, angket, dan wawancara. Populasi penelitian sebanyak 6 kelas dengan jumlah siswa 216 kelas X dan satu guru fisika di SMAN Balung. Hasil penelitian membuktikan E-module berbasis Articulate Storyline 3 cukup efektif untu meningkatan hasil belajar siswa dan mendapatkan respon layak untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil uji N-gain pada kelas eksperimen menunjukkan hasil sebesar 0,67 dengan kategori sedang dengan klasifikasi cukup efektif. Hasil analisis angket respon siswa menggunakan perhitungan Likert menunjukkan rata-rata dari total nilai sebesar 134,8 dengan indeks 75% siswa setuju dengan kategori layak bahwa e-module berbasis Articulate Storyline 3 digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penggunaan e-module dalam pembelajaran terbukti dapat membantu siswa dalam memahami materi lebih cepat dan meningkatkan interaksi antara guru dan siswa. Penyajian e-module yang menarik menciptakan sikap komunikatif dan rasa ingin tahu yang berpengaruh pada meningkatnya minat belajar siswa. Hasil penelitian yang telah dilaksanakan, harapan peneliti dapat memberikan kontribusi pada dunia pendidikan sehingga dapat mengembangkan media pembelajaran berupa e-module pada materi kinematika gerak lurus untuk siswa