• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Efektivitas Penggunaan Aplikasi E-Module Berbasis Articulate Storyline 3 pada Pokok Bahasan Kinematika Gerak Lurus SMA

    Thumbnail
    View/Open
    repository skripsi.pdf (3.666Mb)
    Date
    2023-06-09
    Author
    MAHARANI, Nimas
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh penggunaan e-module berbasis Articulate Storyline 3 untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan mengkaji respon siswa setelah menggunakan e-module berbasis Articulate Storyline 3 pada materi kinematika gerak lurus di SMA. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian pre-experimental design one group pretest-posttest. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu tes berupa pretest dan posttest, angket, dan wawancara. Populasi penelitian sebanyak 6 kelas dengan jumlah siswa 216 kelas X dan satu guru fisika di SMAN Balung. Hasil penelitian membuktikan E-module berbasis Articulate Storyline 3 cukup efektif untu meningkatan hasil belajar siswa dan mendapatkan respon layak untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil uji N-gain pada kelas eksperimen menunjukkan hasil sebesar 0,67 dengan kategori sedang dengan klasifikasi cukup efektif. Hasil analisis angket respon siswa menggunakan perhitungan Likert menunjukkan rata-rata dari total nilai sebesar 134,8 dengan indeks 75% siswa setuju dengan kategori layak bahwa e-module berbasis Articulate Storyline 3 digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penggunaan e-module dalam pembelajaran terbukti dapat membantu siswa dalam memahami materi lebih cepat dan meningkatkan interaksi antara guru dan siswa. Penyajian e-module yang menarik menciptakan sikap komunikatif dan rasa ingin tahu yang berpengaruh pada meningkatnya minat belajar siswa. Hasil penelitian yang telah dilaksanakan, harapan peneliti dapat memberikan kontribusi pada dunia pendidikan sehingga dapat mengembangkan media pembelajaran berupa e-module pada materi kinematika gerak lurus untuk siswa
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/117993
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15286]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository