Pengaruh Metode Pembelajaran Eksperimen terhadap Hasil Belajar Tema Gaya di Sekitar kita pada Siswa Kelas IV di SDN Sempusari 01 Jember
Abstract
Perkembangan kurikulum dalam pembelajaran selalu ada pembaharuan,
seperti yang diterapkan pada sekolah dasar negeri khususnya kelas IV di
Kabupaten Jember. Kurikulum yang digunakan adalah kurikulum merdeka atau
biasa disebut merdeka belajar. Kurikulum ini dirancang pemerintah untuk
mendorong guru agar dapat membentuk karakter siswa yang memiliki jiwa
kemerdekaan untuk bebas mengeksplor pengetahuan, sikap dan keterampilannya
dari lingkungan sekitar. Hal ini berkaitan dengan metode pembelajaran
eksperimen yaitu siswa dapat belajar mengeksplor khususnya dalam tema gaya di
sekitar kita. Guru di kelas IV SDN Sempusari 01 Jember jarang sekali
menggunakan metode eksperimen dalam penyampaian tema tema gaya di sekitar
kita. Mereka hanya mengandalkan buku paket dan penjelasan guru saja dalam
memberikan pemahaman pada siswa.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “adakah pengaruh
penerapan metode pembelajaran eksperimen terhadap hasil belajar tema gaya di
sekitar kita pada siswa kelas IV SDN Sempusari 01 Jember”. Tujuan penelitian ini
adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penerapan metode
pembelajaran eksperimen terhadap hasil belajar tema gaya di sekitar kita pada
siswa kelas IV SDN Sempusari 01 Jember.
Penelitian ini dilaksanakan di SDN Sempusari 01 Jember. Jenis penelitian
yang dilakukan adalah penelitian quasi experimental dengan desain nonequivalent control group. Subjek penelitian yaitu siswa kelas IV A sebanyak 30
siswa dan kelas IV B sebanyak 29 siswa. Sebelum dilakukan penelitian, peneliti
melakukan uji homogenitas dengan untuk mengetahui kemampuan awal siswa di
kedua kelas tersebut. Hasil uji homogenitas yang dilakukan diperoleh nilai thitung
viii
sebesar -0,91. Nilai tersebut dapat dikatakan homogen karena nilai thitung < ttabel
yaitu -0,91 < 1,67.
Hasil penelitian dianalisis menggunakan bantuan SPSS versi 25.0 untuk
menghitung t-test dan memperoleh nilai thitung sebesar 13,86. Kemudian hasilnya
dikonsultasikan dengan nilai ttabel, diketahui df = (30 + 29) – 2, df = 57 dengan
taraf signifikan 5%, nilai ttabel didapatkan yaitu 1,67. Dari hasil t-test menujukkan
bahwa nilai ttabel < thitung yaitu 1,67 < 13,86. Peneliti menyimpulkan adanya
pengaruh yang signifikan dalam penggunaan metode eksperimen dalam
pembelajaran tema gaya di sekitar kita terhadap hasil belajar pada siswa.
Keefektifan pengaruh penggunaan metode pembelajaran eksperimen dapat
dihitung menggunakan uji keefektifan relatif. Hasil perhitungan uji keefektifan
relatif pada penelitian ini adalah sebesar 54,25% yang termasuk dalam kriteria
keefektifan sedang. Sehingga disimpulkan bahwa metode pembelajaraan
eksperimen pada tema gaya di sekitar kita pada siswa kelas IV SDN Sempusari 01
memberikan pengaruh keefektifan sebesar 54,25% kepada hasil belajar siswa,
sedangkan 45,75% lainnya dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal siswa.