• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Metode Pembelajaran Eksperimen terhadap Hasil Belajar Tema Gaya di Sekitar kita pada Siswa Kelas IV di SDN Sempusari 01 Jember

    Thumbnail
    View/Open
    bendel skripsi shofi.pdf (2.896Mb)
    Date
    2023-05-23
    Author
    ARDIARINI, Shofiatud Darojah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Perkembangan kurikulum dalam pembelajaran selalu ada pembaharuan, seperti yang diterapkan pada sekolah dasar negeri khususnya kelas IV di Kabupaten Jember. Kurikulum yang digunakan adalah kurikulum merdeka atau biasa disebut merdeka belajar. Kurikulum ini dirancang pemerintah untuk mendorong guru agar dapat membentuk karakter siswa yang memiliki jiwa kemerdekaan untuk bebas mengeksplor pengetahuan, sikap dan keterampilannya dari lingkungan sekitar. Hal ini berkaitan dengan metode pembelajaran eksperimen yaitu siswa dapat belajar mengeksplor khususnya dalam tema gaya di sekitar kita. Guru di kelas IV SDN Sempusari 01 Jember jarang sekali menggunakan metode eksperimen dalam penyampaian tema tema gaya di sekitar kita. Mereka hanya mengandalkan buku paket dan penjelasan guru saja dalam memberikan pemahaman pada siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “adakah pengaruh penerapan metode pembelajaran eksperimen terhadap hasil belajar tema gaya di sekitar kita pada siswa kelas IV SDN Sempusari 01 Jember”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penerapan metode pembelajaran eksperimen terhadap hasil belajar tema gaya di sekitar kita pada siswa kelas IV SDN Sempusari 01 Jember. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Sempusari 01 Jember. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian quasi experimental dengan desain nonequivalent control group. Subjek penelitian yaitu siswa kelas IV A sebanyak 30 siswa dan kelas IV B sebanyak 29 siswa. Sebelum dilakukan penelitian, peneliti melakukan uji homogenitas dengan untuk mengetahui kemampuan awal siswa di kedua kelas tersebut. Hasil uji homogenitas yang dilakukan diperoleh nilai thitung viii sebesar -0,91. Nilai tersebut dapat dikatakan homogen karena nilai thitung < ttabel yaitu -0,91 < 1,67. Hasil penelitian dianalisis menggunakan bantuan SPSS versi 25.0 untuk menghitung t-test dan memperoleh nilai thitung sebesar 13,86. Kemudian hasilnya dikonsultasikan dengan nilai ttabel, diketahui df = (30 + 29) – 2, df = 57 dengan taraf signifikan 5%, nilai ttabel didapatkan yaitu 1,67. Dari hasil t-test menujukkan bahwa nilai ttabel < thitung yaitu 1,67 < 13,86. Peneliti menyimpulkan adanya pengaruh yang signifikan dalam penggunaan metode eksperimen dalam pembelajaran tema gaya di sekitar kita terhadap hasil belajar pada siswa. Keefektifan pengaruh penggunaan metode pembelajaran eksperimen dapat dihitung menggunakan uji keefektifan relatif. Hasil perhitungan uji keefektifan relatif pada penelitian ini adalah sebesar 54,25% yang termasuk dalam kriteria keefektifan sedang. Sehingga disimpulkan bahwa metode pembelajaraan eksperimen pada tema gaya di sekitar kita pada siswa kelas IV SDN Sempusari 01 memberikan pengaruh keefektifan sebesar 54,25% kepada hasil belajar siswa, sedangkan 45,75% lainnya dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal siswa.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/117992
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository