Kesesuaian Instrumen Penilaian Autentik Pada Buku Guru Tema Organ Gerak Hewan dan Manusia dengan Permendikbud Nomor 23 Tahun 2016
Abstract
Instrumen penilaian autentik digunakan guru untuk menilai hasil belajar peserta didik, mengacu pada buku guru terbitkan dari kemendikbud. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan kesesuaian instrumen penilaian autentik dalam buku guru dengan permendikbud nomor 23 tahun 2016. Metode penelitian menggunakan penelitian deskriptif kualitatif, dengan objek buku guru kelas V tema 1 organ gerak hewan dan manusia. Hasil penelitian menunjukkan persentase kesesuaian instrumen setiap aspek berbeda. Instrumen penilaian aspek sikap sebesar 61,1% termasuk kategori sesuai. Persentase kesesuaian instrumen penilaian aspek pengetahuan memperoleh 73,3% masuk dalam kategori sesuai. Kesesuaian instrumen penilaian aspek sikap meperoleh persentase 77% termasuk dalam kategori sesuai. Kesimpulan dari penelitian tersebut yaitu terdapat kesesuaian antara buku guru kelas V tema 1 dengan permendikbud nomor 23 tahun 2016.