Show simple item record

dc.contributor.authorAGUSTININGSIH, Valencia Cesarina
dc.date.accessioned2023-09-26T06:55:11Z
dc.date.available2023-09-26T06:55:11Z
dc.date.issued2023-06-24
dc.identifier.nim160210402043en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/117977
dc.descriptionFinalisasi oleh Taufik Tgl 26 September 2023en_US
dc.description.abstractObservasi dilakukan di SMP Negeri 3 Bondowoso untuk memperoleh informasi tentang pembelajaran menulis teks deskripsi pada peserta didik kelas VII D. Pada materi menulis teks deskripsi, guru memanfaatkan pengamatan pada lingkungan di sekitar sekolah terkait objek yang akan dideskripsikan. Guru belum pernah memanfaatkan media elektronik pada materi menulis teks deskripsi, sehingga sarana yang tersedia di sekolah yaitu wifi dan LCD proyektor kurang dimanfaatkan dengan optimal. Hasil wawancara pada guru menunjukkan bahwa peserta didik merasa kesulitan dalam merangkai suatu kalimat dan paragraf pada materi menulis teks deskripsi walau sudah diajak untuk mengamati objek yang akan dideskripsikan secara langsung. Selain itu, peserta didik juga belum mampu membuat teks yang sesuai dengan struktur dan kaidah kebahasaan teks deskripsi. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara tersebut, peneliti berinisiatif untuk mengembangkan media vlog untuk pembelajaran menulis teks deskripsi di kelas VII SMP bermuatan kearifan lokal Bondowoso. Media vlog dinilai tepat untuk dikembangkan pada materi teks deskripsi karena vlog merupakan sebuah bentuk ungkapan pemikiran, pendapat, atau pengalaman yang direkam secara langsung dan dipublikasi secara online melalui internet. Hal ini selaras dengan manfaat menulis teks deskripsi, karena melalui kegiatan ini peserta didik dilatih untuk memaparkan suatu objek atau peristiwa berdasarkan hasil dari proses pengamatan, pengalaman, dan perasaannya. Pada kurikulum 2013 lingkup interaksi untuk peserta didik SMP difokuskan dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya. Tema kearifan lokal Bondowoso yang dipilih merupakan opsi yang tepat guna memediasi hal tersebut. Hadirnya media vlog untuk pembelajaran menulis teks deskripsi di kelas VII SMP bermuatan kearifan lokal Bondowoso ini diharapkan dapat membantu guru dalam menyampaikan materi dan membantu peserta didik dalam memahami materi teks deskripsi sesuai dengan kebutuhannya. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development/R&D) dengan menggunakan model pengembangan 4-D, yaitu define (penetepan), design (perancangan), development (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Penelitian ini menggunakan dua data, yaitu data numeral dan data verbal. Data numeral terdiri dari skor penilaian validator, skor penilaian dari angket peserta didik, dan hasil belajar peserta didik. Sementara itu, data verbal terdiri dari saran maupun komentar validator terhadap media pembelajaran yang dikembangkan. Penentuan kualitas media pembelajaran menggunakan uji validasi yang dilakukan oleh 4 orang ahli dibidang masing-masing. (1) ahli pembelajaran Bahasa Indonesia dengan presentase skor 100%; (2) ahli bahasa Indonesia dengan presentase skor 100%; (3) ahli media pembelajaran dengan presentase skor 90%; dan (4) ahli kearifan lokal Bondowoso dengan presentase skor 96%. Dengan hasil presentase tersebut, didapatkan presentase total validasi adalah 95% yang berarti media vlog yang dikembangkan sudah valid dan layak untuk digunakan dalam kelas. Setelah dinyatakan valid dan layak diuji cobakan di dalam kelas, maka media vlog untuk pembelajaran menulis teks deskripsi di kelas VII SMP bermuatan kearifan lokal Bondowoso siap di ujicoba. Ujicoba dilaksanakan di SMP Negeri 3 Bondowoso dengan jumlah peserta didik laki-laki 16 orang dan peserta didik perempuan 16 orang. Setelah melaksanakan ujicoba, hasil respons peserta didik mendapatkan presentase 96%. Hasil belajar peserta didik mendapatkan presentase 89,5%. Presentase ini menunjukkan bahwa media vlog untuk pembelajaran menulis teks deskripsi di kelas VII SMP bermuatan kearifan lokal Bondowoso yang dikembangkan mendapatkan respons yang baik dari peserta didik. Berdasarkan hasil dari uji validasi, angket respons peserta didik dan hasil belajar peserta didik yang memiliki presentase di atas 89,5%, maka dapat disimpulkan bahwa media vlog untuk pembelajaran menulis teks deskripsi di kelas VII SMP bermuatan kearifan lokal Bondowoso sangat layak dan sangat efektif digunakan dalam pembelajaran di sekolahen_US
dc.description.sponsorshipPembimbing Utama Dr. Arju Muti'ah, M.Pd. Pembimbing Anggota Ahmad Syukron, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectMENULIS TEKS DESKRIPSIen_US
dc.subjectPENGEMBANGAN MEDIA VLOGen_US
dc.subjectKEARIFAN LOKAL BONDOWOSOen_US
dc.titlePengembangan Media Vlog untuk Pembelajaran Menulis Teks Deskripsi di Kelas VII SMP Bermuatan Kearifan Lokal Bondowosoen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Bahasa dan Sastra Indonesiaen_US
dc.identifier.pembimbing1Dr. Arju Muti'ah, M.pd.en_US
dc.identifier.pembimbing2Ahmad Syukron, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.validatorKacung- 22 Agustus 2023en_US
dc.identifier.finalizationTaufiken_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record