dc.description.abstract | Uji coba dilaksanakan pada tanggal 17-29 Nopember 2012 dengan objek 38
siswa kelas VII-D SMP Negeri 14 Jember. Metode pengumpulan data yang
digunakan adalah validasi, tes, observasi, dan angket respon siswa. Model
pengembangan dalam penelitian ini adalah model 4-P, terdiri atas tahap
pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Produk pengembangan
yang dihasilkan adalah tiga RPP, satu Buku Siswa, tiga LKS, dan satu alat evaluasi
(THB).
Analisis hasil validasi perangkat pembelajaran memiliki kategori sangat tinggi
berturut-turut untuk RPP, Buku Siswa, LKS, dan alat evaluasi (THB) adalah 0,92;
0,89; 0,91; dan 0,83. Analisis data hasil uji coba berupa data aktivitas guru dan
aktivitas siswa dengan rata-rata persentase berturut-turut yaitu 96% dan 85,85%.
Berdasarkan analisis hasil THB, terdapat 87% siswa yang mampu mencapai tingkat
penguasaan materi minimal dan rata-rata respon siswa terhadap pembelajaran yaitu
sebesar 94,74% untuk semua indikator dalam angket. Selain itu, validitas dan
reliabilitas butir soal THB menunjukkan kategori tinggi dengan nilai > 0,60.
Kesimpulan hasil dari penelitian ini adalah perangkat pembelajaran
matematika berorientasi berorientasi pada pendekatan Realistics Mathematics
Education (RME) telah memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan.
Dengan demikian, produk pengembangan dari penelitian ini sudah layak untuk
digunakan dalam pembelajaran. | en_US |