• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERORIENTASI PADA PENDEKATAN REALISTICS MATHEMATICS EDUCATION (RME) SUB POKOK BAHASAN BILANGAN PECAHAN SISWA KELAS VII SMP

    Thumbnail
    View/Open
    Desi Indriyani_1.pdf (1.002Mb)
    Date
    2013-12-24
    Author
    Desi Indriyani
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Uji coba dilaksanakan pada tanggal 17-29 Nopember 2012 dengan objek 38 siswa kelas VII-D SMP Negeri 14 Jember. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah validasi, tes, observasi, dan angket respon siswa. Model pengembangan dalam penelitian ini adalah model 4-P, terdiri atas tahap pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Produk pengembangan yang dihasilkan adalah tiga RPP, satu Buku Siswa, tiga LKS, dan satu alat evaluasi (THB). Analisis hasil validasi perangkat pembelajaran memiliki kategori sangat tinggi berturut-turut untuk RPP, Buku Siswa, LKS, dan alat evaluasi (THB) adalah 0,92; 0,89; 0,91; dan 0,83. Analisis data hasil uji coba berupa data aktivitas guru dan aktivitas siswa dengan rata-rata persentase berturut-turut yaitu 96% dan 85,85%. Berdasarkan analisis hasil THB, terdapat 87% siswa yang mampu mencapai tingkat penguasaan materi minimal dan rata-rata respon siswa terhadap pembelajaran yaitu sebesar 94,74% untuk semua indikator dalam angket. Selain itu, validitas dan reliabilitas butir soal THB menunjukkan kategori tinggi dengan nilai > 0,60. Kesimpulan hasil dari penelitian ini adalah perangkat pembelajaran matematika berorientasi berorientasi pada pendekatan Realistics Mathematics Education (RME) telah memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Dengan demikian, produk pengembangan dari penelitian ini sudah layak untuk digunakan dalam pembelajaran.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/11794
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15435]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository