Pengaruh Profitabilitas dan Likuiditas Terhadap Reaksi Pasar (Studi Kasus pada Perusahaan Food and Beverage yang Terdaftar di BEI)
Abstract
Tujuan dari riset ini merupakan guna mengenali secara parsial ataupun
simultan bagaimana profitabilitas dan likuiditas mempengaruhi reaksi pasar
perusahaan food and beverage (F&B) yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia
periode 2020-2022. Indeks profitabilitas memperhitungkan Earning per Share
(EPS), Return on Asset (ROA) ) dan Return on Equity (ROE). Current ratio( CR)
menggambarkan dimensi yang digunakan buat mengukur likuiditas. Return saham
digunakan sebagai reaksi pasar. Fokus riset ini merupakan riset kuantitatif pada
kelompok sasaran penelitian ini adalah perusahaan-perusahaan di subsektor F&B.
Purposive sampling digunakan untuk memilih 54 laporan keuangan emiten.. Data
sekunder (BEI) digunakan dalam penelitian ini. Analisis data deskriptif
dilanjutkan dengan uji normalitas, multikolinearitas, heteroskedastisitas, dan uji
klaim. Data dianalisis dengan menggunakan metode statistik regresi linier
berganda. Hasil penelitian mengungkapkan: 1) Dengan tingkat signifikan 0,048 <
0,05, ROA berpengaruh positif terhadap return saham.; 2) Dengan tingkat
signifikan 0,000 < 0,05, ROE berpengaruh positif terhadap return saham.; 3)
Dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,05, EPS berpengaruh positif terhadap return
saham.; 4) Dengan tingkat signifikan 0,039 < 0,05, CR berpengaruh positif
terhadap return,; 5) Dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,05, ROA, ROE, EPS, dan
CR berpengaruh positif terhadap return saham.