Pengaruh Penerapan Pendekatan Saintifik terhadap Hasil Belajar Pokok Bahasan Volume Kubus dan Balok pada Siswa Kelas V di SDN Wonorejo 06 Kabupaten Jember
Abstract
Siswa kesulitan untuk aktif dan berpikir kritis dalam kegiatan pembelajaran di dalam kelas, sehingga hasil belajar siswa kurang dari KKM. Selain itu, siswa kesulitan dalam membedakan antara bangun ruang kubus dan balok tanpa kegiatan mengamati terlebih dahulu serta siswa kesulitan dalam mengoperasikan rumus. Oleh karena itu, perlu adanya pendekatan saintifik untuk menunjang proses pembelajaran agar siswa aktif dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar siswa pokok bahasan volume kubus dan balok pada siswa kelas V di SDN Wonorejo 06 Kabupaten Jember. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian eksperimental semu dengan pola non-equivalen control group design. Hasil belajar siswa yang diperoleh pada kelas eksperimen dengan menggunakan pendekatan saintifik dalam proses pembelajaran menunjukkan lebih efektif yaitu sebesar 56,79% bagian dari hasil belajar pokok bahasan volume kubus dan balok yang dipengaruhi oleh pendekatan saintifik, sedangkan sebesar 43,21% bagian dari hasil belajar pokok bahasan volume kubus dan balok dipengaruhi oleh faktor lain, selain pendekatan saintifik. Faktor tersebut secara teoritis adalah mencakup faktor eksternal dan internal. Kesimpulan dari penelitian yang telah dilakukan adalah ada pengaruh penggunaan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar pokok bahasan volume kubus dan balok pada siswa kelas V di SDN Wonorejo 06 Kabupaten Jember.