Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Ditinjau dari Tipe Kepribadian Florence Littauer
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi sistem persamaan linear dua variabel ditinjau dari tipe kepribadian Florence Littauer. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data dengan angket tipe kepribadian Florence Littauer, soal cerita materi SPLDV, dan wawancara. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII C SMPN 2 Jember, diambil 2 sampel dari masing-masing tipe kepribadian. Beradasarkan hasil penelitian, siswa dengan kepribadian sanguinis kurang mampu dalam berkomunikasi matematika secara tulis pada penyelesaian soal cerita materi SPLDV, siswa sanguinis lebih mampu dalam berkomunikasi matematis secara lisan. Siswa dengan tipe kepribadian koleris mampu dalam berkomunikasi matematis secara tulis dan lisan pada penyelesaian soal cerita materi SPLDV. Siswa dengan tipe kepribadian melankolis mampu dalam berkomunikasi matematis secara tulis dan lisan pada penyelesaian soal cerita materi SPLDV. Siswa dengan tipe kepribadian plegmatis mampu dalam berkomunikasi matematis secara tulis dan lisan pada penyelesaian soal cerita materi SPLDV.