Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif IPA Berbasis Nearpod untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP
Abstract
Abad 21, di era revolusi 4.0 ini, Kemendikbud menyusun paradigma pembelajaran yang berisikan bahwasanya peserta didik diharapkan untuk mampu mengembangkan kemampuannya yang salah satunya adalah kemampuan berpikir kritis. Namun, selain adanya tuntutan tersebut dalam pembelajaran juga ditekankan untuk mampu membuat membuat siswa melaksanakan aktivitas belajar dengan baik. Salah satu cara untuk meningkatkan aktivitas belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa adalah dengan mengembangkan media pembelajaran interaktif IPA berbasis Nearpod. Tujuan penelitian ini adalah untuk mederkripsikan validitas, kepraktisan, dan keefektifan media pembelajaran interaktif IPA berbasis Nearpod untuk meningkatkan aktivitas belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa SMP. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE. Subyek Penelitian adalah siswa kelas VII-B MTsN 10 Jember. Hasil penelitian adalah sebagai berikut; Hasil validasi dari tiga validator ialah 92,13% dengan kriteria sangat valid. Hasil kepraktisan pada lembar keterlaksanaan pembelajaran menunjukkan nilai persentase sebesar 93,23 % dengan kriteria sangat baik. Hasil efektifitas media untuk meningkatkan aktivitas belajar adalah efektif karena terdapat peningkatan presentase pada setiap pertemuan dan memiliki rata-rata sebesar 84,47% yang termasuk kedalam kriteria sangat aktif. Kefektifan media untuk meingkatkan kemampuan berpikir kritis adalah masuk kriteria efektif karena lebih dari 75% siswa memiliki kriteria peningkatan sedang atau tinggi. Selanjutnya keefektifan media berdasarkan respon siswa mendapatkan rata-rata sebesar 84,06% dengan kriteria sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa media yang dikembangkan adalah valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan aktivitas belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa.