Pengembangan Instrumen Penilaian Berbantuan Quizwhizzer untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP pada Materi Gerak dan Gaya
Abstract
Kemampuan berpikir kreatif sangat penting untuk dimiliki siswa pada pembelajaran IPA, karena dapat mendorong siswa dalam menghubungkan materi yang dipelajari dengan kehidupan sehari-hari. Namun, faktanya kemampuan berpikir kreatif siswa di Indonesia berdasarkan riset Global Creativity Index yang dilakukan oleh Martin Prosperity Institut masih tergolong rendah. Faktor yang memengaruhi rendahnya kemampuan berpikir kreatif siswa yaitu karena rendahnya motivasi belajar, kurangnya rasa percaya diri, dan jarang berlatih mengerjakan soal-soal terbuka. Oleh karena itu, dibutuhkan pengembangan instrumen penilaian yang mampu mengukur kemampuan berpikir kreatif supaya siswa mampu menyelesaikan suatu permasalahan yang ada di kehidupan sehari-hari. Kemampuan berpikir kreatif sangat penting untuk dimiliki siswa supaya
dapat mempelajari serta memahami objek atau fenomena alam di kehidupan
sehari-hari. Berdasarkan uraian di atas, untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif siswa diperlukan pengembangan instrumen penilaian pada pembelajaran IPA di SMP.
Tujuan dilaksanakannya penelitian ini untuk mengetahui validitas, kepraktisan, dan efektivitas dari instrumen penilaian berbantuan quizwhizzer untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif. Desain pengembangan yang
digunakan yaitu desain Borg and Gall yang terdiri dari 9 tahapan yaitu tahap analisis, tahap perencanaan, tahap desain produk, tahap validasi, tahap revisi, tahap uji coba produk awal, tahap revisi produk awal, tahap uji coba produk akhir, dan tahap revisi produk akhir. Uji coba produk dengan subjek uji coba adalah siswa kelas VII A, B, C, dan D SMP Negeri 2 Maesan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis validitas, kepraktisan, dan efektivitas instrumen penilaian.
Kevalidan instrumen penilaian berbantuan quizwhizzer untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif siswa terdiri dari validasi ahli dan empiris. Validasi ahli dilakukan oleh tiga validator dengan perolehan hasil sebesar 92% yang masuk ke dalam kategori sangat valid. Validasi empiris instrumen penilaian terdiri dari validitas butir soal, reliabilitas, dan tingkat kesukaran. Hasil validitas butir soal diperoleh 10 butir soal valid. Hasil reliabilitas diperoleh 0,639 yang termasuk reliabel dengan tingkatan tinggi. Hasil tingkat kesukaran diperoleh 7 butir soal
sedang dan 3 butir soal mudah. Hasil uji kepraktisan instrumen penilaian berbantuan quizwhizzer mendapatkan katerogi sangat praktis. Hasil uji efektivitas dari hasil tes mendapatkan rata-rata siswa memiliki kemampuan berpikir kreatif dengan kategori cukup dan analisis angket respon siswa mendapatkan kriteria sangat baik.
Berdasarkan hasil data yang diperoleh selama penelitian dapat disimpulkan instrumen penilaian berbantuan quizwhizzer yang bertujuan untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif siswa menunjukkan hasil dengan kategori valid, praktis, dan efektif. Dengan demikian, produk instrumen penilaian berbantuan quizwhizzer yang dikembangkan dapat digunakan dalam proses evaluasi untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif siswa SMP pada pembelajaran IPA materi gerak dan gaya.