Pengaruh Orientasi Pasar, Orientasi Kewirausahaan terhadap Kinerja Pemasaran (Studi Kasus pada Coffee Shop di Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember)
Abstract
Kabupaten Jember dikenal sebagai salah satu penghasil kopi yang cukup
berkualitas dan juga sebagai pusat penelitian kopi dan coklat yang telah
mendapatkan banyak penghargaan. Hal ini dimanfaatkan para pelaku bisnis
untuk mencari keuntungan dengan cara membuka usaha dalam bidang Coffee
shop. Coffee shop saat ini menjadi rekomendasi sebagai tempat yang nyaman
untuk sekedar nongkrong, sharing ataupun melakukan kegiatan kreatif lainnya.
Bisnis Coffee shop dalam Kecamatan Sumbersari terus meningkat dan
mengahasilkan kinerja pemasaran yang cukup baik. Peningkatan tersebut
didukung oleh letak Kecamatan Sumbersari yang berada dipusat lembaga
pendidikan Kabupaten Jember. Berdasarkan uraian diatas, peneliti tertarik
melakukan penelitian pengaruh orientasi pasar, orientasi kewirausahaan
terhadap kinerja pemasaran pada Coffee shop Kecamatan Sumbersari
Kabupaten Jember.
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui dan menganalisis
pengaruh Orientasi Pasar (X1), Orientasi Kewirausahaan (X2) secara parsial
dan simultan terhadap Kinerja Pemasaran (Y). Rancangan penelitian ini
menggunakan pendekatan kuantitatif dengan korelasi kausal asosiatif untuk
mengetahui pengaruh antara variabel orientasi pasar dan orientasi
kewirausahaan terhadap kinerja pemasaran. Teknik analisis yang digunakan
yaitu analisis regresi linier berganda. Populasi penelitian ini merupakan pemilik
Coffee shop Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember dan jumlah sampel
dalam penelitian ini 30 responden. Pengambilan sampel menggunakan teknik
sampling total.
Hasil penelitian pengujian dari analisis regresi linier berganda
menunjukkan bahwa: 1) orientasi pasar (X1) berpengaruh positif dan signifikan
terhadap kinerja pemasaran pada Coffee shop Kecamatan Sumbersari. 2)
Orientasi Kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja
pemasaran pada Coffee shop Kecamatan Sumbersari. 3) Orientasi pasar,
orientasi kewirausahaanberpengaruh positif dan signifikan secara simultan
terhadap kinerja pemasaran pada Coffee shop Kecamatan Sumbersari.