Efektifitas Model CCAF (Context, Challenge, Activity, Feedback) dengan Konten Tiktok Terhadap Motivasi Belajar dalam Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Tanggul
Abstract
Model CCAF adalah model pembelajaran yang menekankan pada partisipasi aktif peserta didik. Model CCAF ini menekankan pada “learning by doing”, artinya pembelajaran lebih menekankan pada keaktifan peserta didik selama proses pembelajaran. Sedangkan tiktok adalah aplikasi berbagi konten video online yang memungkinkan penggunanya membuat video berdurasi 15 detik disertai musik, filter, dan beberapa fitur kreatif lainnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan motivasi belajar peserta didik antara kelas eksperimen yang diberikan perlakuan model CCAF dan konten tiktok dengan kelas kontrol. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian eksperimen (experimental research). Berdasarkan uji Ancova diketahui bahwa perbedaan nilai rata-rata kelas eksprimen dan nilai rata-rata kelas kontrol yaitu 6,73. Pada nilai Partial Eta Squered menunjukan nilai 0.389 yang menunjukkan nilai efek rendah namun hasilnya signifikan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model CCAF dengan konten tiktok efektiv digunakan untuk proses pembelajaran sejarah.
Kata Kunci: Model CCAF, konten tiktok, pembelajaran sejarah